Sebanyak 44 eks pegawai KPK dilantik sebagai ASN Polri. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Sebanyak 44 eks pegawai KPK dilantik sebagai ASN Polri. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Novel Baswedan Cs Dipastikan Tak Terlibat Organisasi Terlarang

Siti Yona Hukmana • 13 Desember 2021 16:02
Jakarta: Sebanyak 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi bergabung menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi Novel Baswedan cs.
 
"Pertama setia kepada NKRI, tidak terlibat pada organisasi terlarang sebagaimana diatur peraturan perundang-undangan," kata Analis Kebijakan Madya bidang Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam bincang-bincang via akun Instagram Mabes Polri, Senin, 13 Desember 2021.
 
Persyaratan itu dibeberkan ke Novel saat Sosialisasi Pengangkatan, Orientasi, dan Pelatihan PNS Tahun 2021 di Gedung TNCC Mabes Polri Lantai 3 Ruang Serbaguna Djen, Jakarta Selatan, Senin pagi, 6 Desember 2021. Sebanyak 44 dari 56 orang yang menjalani sosialisasi bersedia memenuhi persyaratan itu untuk bergabung ke Korps Bhayangkara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trunoyudo mengatakan kehadiran 44 eks pegawai KPK itu dapat memperkuat organisasi Polri. Sebab, mereka memiliki rekam jejak dan kompetensi yang mumpuni atas pengabdian belasan tahun di KPK.  
 
"Tentunya ini suatu hal yang memang jadi terobosan dan mengacu pada apa yang menjadi ekspektasi negara, khususnya di bidang korupsi," ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.
 
Trunoyudo mengatakan perekrutan eks pegawai KPK itu tidak asal. Polri terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian (Negara BKN) mengacu keputusan Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konsitusi (MK).
 
Polri juga melakukan pembinaan terhadap 44 eks pegawai KPK sebelum melaksanakan tugas di Polri. Mereka menjalani pendidikan selama 14 hari, terhitung 10-23 Desember 2021, di Pusat Pendidikan Administrasi (Pusdikmin), Bandung, Jawa Barat.  
 
Pendidikan itu diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri). Kegiatan itu untuk mengasah 44 eks pegawai KPK agar dapat menyesuaikan diri dengan budaya Korps Bhayangkara.
 
"Kami meyakini apabila diberikan kesempatan berbuat terbaik tentu akan dilakukan langkah-langkah terbaik pula," ucap Trunoyudo.
 
Sebanyak 44 eks pegawai KPK itu diangkat menjadi ASN Polri pada Kamis, 9 Desember 2021. Pengangkatan mereka tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Khusus 57 Eks Pegawai KPK Menjadi ASN di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Mereka akan disumpah jabatan pada 1 Januari 2022.
 
Baca: Gabung ke Polri, Eks Pegawai Siap Kerja Sama dengan KPK
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif