Pelaksana tugas juru bicara KPK Ipi Maryati Kuding. Foto: MI/Galih Pradipta
Pelaksana tugas juru bicara KPK Ipi Maryati Kuding. Foto: MI/Galih Pradipta

Dilelang, Mobil Eks Bupati Labuhanbatu Utara Laku Rp71 Juta

Candra Yuri Nuralam • 14 Juli 2021 08:08
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang mobil Suzuki Type GC415-APV DLX milik eks Bupati Labuhanbatu Utara Khairuddin Syah. Mobil itu laku Rp71 juta.
 
"Dari harga penawaran awal Rp58.325.000," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 Juli 2021.
 
Ipi mengatakan mobil itu terjual pada Selasa, 6 Juli 2021. Mobil dilelang atas putusan Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan Nomor: 5/Pid.Sus-TPK/2021/PN.Mdn tertanggal 8 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelaksanaan lelang barang rampasan dari barang-barang milik para pelaku korupsi yang telah disita secara sah menurut hukum, merupakan salah satu bentuk pemenuhan aset recovery dari hasil tindak pidana korupsi," ujar Ipi.
 
Khairuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) APBN perubahan 2017 dan APBN 2018. Wakil Bendahara Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 2016-2019, Puji Suhartono (PJH), juga tersangka dalam kasus yang sama.
 
Baca: Dilelang KPK, Tas Balenciaga Milik Eks Bupati Talaud Laku Rp15 Juta
 
Perkara ini merupakan pengembangan dari perkara dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah dalam RAPBN Perubahan 2018. Dalam perkara terbaru, Khairuddin diduga menyuap dua pegawai Kementerian Keuangan agar memperoleh potensi DAK sesuai yang diajukan, yakni Rp504,7 miliar.
 
Keduanya adalah Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Yaya Purnomo; dan mantan Kepala Seksi Perencanaan Dana Alokasi Khusus Fisik Kementerian Keuangan, Rifa Surya. Fulus diberikan dari Khairuddin secara bertahap senilai SGD290 ribu dan Rp500 juta.
 
Sedangkan, Puji Suhartono diduga menampung salah satu uang suap senilai Rp100 juta melalui rekeningnya. Uang tersebut terkait pengurusan DAK pada APBN 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif