Ilustrasi Gedung KPK/MI/Susanto.
Ilustrasi Gedung KPK/MI/Susanto.

Aliran Dana Pembangunan Gereja di Papua Diulik KPK

Nasional kpk papua gereja kasus korupsi
Antara • 13 November 2020 08:12
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggali keterangan Bendahara Pengeluaran Khusus Bantuan (BPKAD) Kabupaten Mimika Agustina Saklil. Pencairan anggaran proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap pertama di Papua pada tahun anggaran 2015 diselisik.
 
"Dikonfirmasi perihal pencairan anggaran dalam proyek ini yang berhubungan dengan perkara," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 12 November 2020.
 
KPK juga memeriksa lima saksi lainnya dalam kasus ini. Mereka ialah Kasubag Pembinaan Badan Usaha Bagian Perekonomian Setda Mimika dan mantan Sekretaris PPHP pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap I, Rahmawati Rasyid dan Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Mimika (pada tahun 2015), Lalu Mikson.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikutnya, Kasubag Kesra dan Ketua Panitia Penerima Hasil Pekerjaan tahap I dan I TA 2015-2016/Ketua Panitia Peneliti Pelaksanaan Kontrak Pekerjaan tahap I dan II TA 2015-2016 Risiard Waromi. Saksi lain, yakni Staf Bagian Kesra Setda Mimika dan Sekretaris Panitia Penerima Hasil Pekerjaan Tahap II TA 2016 Abi Bua Rano dan PNS pada Dinas PU/Sekretaris Panitia Pengadaan Pekerjaan Tahap I TA 2015 Yuricha Belo.
 
Baca:ASN di Mimika Ikut Diperiksa di Kasus Pembangunan Gereja
 
"Para saksi tersebut didalami pengetahuannya terkait dengan tugas dan peran dari panitia pengadaan barang dan jasa saat proses lelang yang berhubungan dengan perkara ini," ungkap Ali.
 
Pemeriksaan enam saksi digelar di Gedung Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua, Kota Jayapura. KPK belum menetapkan tersangka dalam perkara ini.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif