Ibunda Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Rynecke Alma Pudihang (kiri). Medcom.id/Surya
Ibunda Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Rynecke Alma Pudihang (kiri). Medcom.id/Surya

Menangis Dengar Pleidoi Bharada E, Ibunda Harap Hakim Jatuhi Hukuman yang Adil

Achmad Zulfikar Fazli • 25 Januari 2023 22:15
Jakarta: Ibunda Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Rynecke Alma Pudihang, telah mendengarkan nota pembelaan atau pleidoi yang dibacakan anaknya dalam sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Ine, sapaan akrab Rynecke, mengaku sedih.
 
"Kami semuanya tadi waktu mendengarkan dan menyaksikan langsung bagaimana Icad (Bharada E) membaca pleidoi, saya sebagai ibu, saya menangis tadi karena sedih," ujar Ine kepada Medcom.id, Rabu, 25 Januari 2023.
 
Namun, di balik kesedihan itu, dia dan suaminya, Junus Lumiu, berharap majelis hakim memberikan hukuman yang seadil-adilnya untuk Bharada E. Sebab, kata dia, pihak keluarga saat ini hanya bisa berharap kepada hakim sebagai wakil tuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya dan Bapaknya berharap memang majelis hakim dapat melihat bagaimana ketulusan hati Icad membacakan nota pembelaaannya tadi, dan kami juga berharap Icad bisa dapat keadilan yang seadil-adilnya, karena hanya itu yang bisa kami harapkan," ujar dia.
 

Baca Juga: Dituntut 12 Tahun Bui, Bharada E: Apa Saya Harus Pasrah Atas Kejujuran?


 
Jaksa menuntut Bharada E dihukum selama 12 tahun penjara. Dia dinilai terbukti melanggar Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
 
Jaksa menjatuhkan tuntutan itu karena Bharada E merupakan eksekutor atau penembak Brigadir J. Perbuatannya mengakibatkan nyawa Brigadir J hilang dan luka mendalam bagi keluarga Brigadir J.
 
Selain itu, tindakan Bharada E menyebabkan keresahan. Termasuk, muncul kegaduhan di tengah masyarakat.
 
Bharada E merupakan satu dari lima terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Terdakwa lainnya adalah Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal Wibowo alias Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf.
 
Pada perkara ini, Ferdy Sambo dituntut hukuman penjara seumur hidup. Sedangkan, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dituntut hukuman delapan tahun bui.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif