Pemberian Tunjangan Hari Raya. Foto : MI.
Pemberian Tunjangan Hari Raya. Foto : MI.

205 Perusahaan di Jateng Belum Bayar THR Pekerja

Nasional tunjangan hari raya hari raya idul fitri Lebaran 2022
Mustholih • 09 Mei 2022 14:20
Semarang: Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Tengah masih menerima aduan terkait tunjangan hari raya (THR) Lebaran Idulfitri 2022 yang belum dibayarkan kepada para pekerja.
 
Sampai Minggu, 8 Mei 2022, atau setelah enam hari Lebaran Idulfitri, sebanyak 205 aduan terkait THR masih terus masuk ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Tengah.
 
Menurut Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jateng, Sakina Rosellasari, aduan soal THR didominasi dari perusahaan garmen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mayoritas didominasi oleh kasus THR yang tidak dibayarkan, ada 90 aduan. Selain dari sektor garmen, aduan ada yang berasal dari hotel, kafe, rumah sakit, industri makanan, jasa kurir dan furniture. Aduan paling banyak dari wilayah  Semarang  sejumlah 66 aduan. Kemudian wilayah Surakarta 46 aduan," kata Sakina, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 9 Mei 2022.
 
Sakina menegaskan bakal terus menindaklanjuti aduan terkait THR yang masuk ke Posko THR. Sejauh ini, kata Sakina, baru 71 perusahaan bermasalah yang akhirnya membayarkan THR pekerja secara penuh.
 
Baca juga: Papua dan Kalimantan Utara Jadi Provinsi Terendah Pengaduan THR
 
"Aduan paling banyak dari wilayah Semarang, sejumlah 66 aduan. Kemudian wilayah Surakarta 46 aduan," jelasnya.
 
Sakina mengaku pengawas ketenagakerjaan Jateng telah menerbitkan nota pemeriksaan untuk 25 perusahaan.
 
"Adapula 18 perusahaan yang sedang dalam tahap penerbitan nota pemeriksaan. Sementara 63 perusahaan dalam proses tindak lanjut," terang dia.
 
Sakina menambahkan selalu memberi info terbaru terkait penanganan aduan THR kepada para pengadu.
 
"Dari hasil mediasi dan pemeriksaan, Alhamdulillah THR yang  kemudian dibayarkan penuh sejumlah 71 perusahaan. Semua pengadu telah kami infokan progres penanganan, jadi meski libur, penanganan tetap berjalan," imbuhnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif