Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

Terkendala Usia, Puluhan Calon Jemaah Haji di Bandung Terancam Gagal Berangkat

Nasional haji ibadah haji kota bandung Jemaah umroh Indonesia
Media Indonesia • 17 April 2022 12:18
Bandung: Diperkirakan puluhan calon jemaah haji yang terdaftar di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Masjid Raya Bandung Kota Bandung Jawa Barat (Jabar) terancam gagal berangkat ke Tanah Suci Makkah pada musim haji tahun ini.
 
Hal ini dikarenakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengeluarkan persyaratan aturan haji 1443H/2022. Pada aturan tersebut berisikan mengenai maksimal usia jemaah yang boleh berangkat haji adalah 65 tahun.
 
Sekretaris KBIH Masjid Raya Bandung Zainal Mustofa mengatakan, rata-rata usia yang akan berangkat pada tahun ini di atas 65 tahun. Mereka ini merupakan calon haji yang tertunda keberangkatannya sejak awal pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari yang harusnya berangkat 80 calon haji tahun ini, jadi cuma sekitar 25 sampai 30 calon haji yang memenuhi persyaratan dan segi usia dan bisa berangkat," ucapnya.
 
Dengan adanya aturan batasan usia, Zainal mengatakan, untuk keberangkatan tahun ini pihaknya akan menyortir lagi sesuai dengan kloter yang telah mendaftar lebih awal serta sudah sesuai dengan aturan pemerintah.
 
Baca: Ribuan Dokumen Calon Haji di DIY Dicek Ulang
 
Aturan lainnya seperti vaksin covid-19 dan test PCR negatif sebelum keberangkatan, Zainal mengatakan, pihaknya telah memastikan bahwa calon haji yang terdaftar di KBIH Masjid Raya Bandung telah siap untuk mengikutinya.
 
"Aturan-aturan seperti itu wajib diikuti karena ini untuk kepentingan umat. Jangan sampai ada yang terkena Covid-19 selama menjalankan ibadah haji,” lanjutnya.
 
Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kanwil Kemenag Jabar, Ahmad Handiman Romdony, mengatakan saat ini pemerintah memang masih menunggu kepastian berapa kuota pasti dari Arab Saudi.
 
Sebelum pandemi covid-19, Jabar mendapat kuota 37.988 orang. Jika asumsi Indonesia mendapat jatah kuota 101.660 orang calon haji regular maka Jabar akan mendapat kuota sekitar 19 ribu orang. Dengan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang sudah ditetapkan yakni sekitar Rp38.886.009.
 
"Calon haji yang menjadi prioritas untuk diberangkatkan tahun ini adalah calon haji dengan tahun pemberangkatan 2020. Syarat lainnya adalah berusia di bawah 65 tahun dan telah mendapat vaksinasi dosis lengkap," jelasnya.
 
Namun untuk masalah keberangkatan, Ahmad belum bisa dipastikan apakah jamaah calon haji asal Jabar diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang atau Bandara Kertajati. Sedangkan untuk asrama yang digunakan adalah Asrama Haji Bekasi.
 
"Kemungkinan Jabar masih menggunakan embarkasi Bekasi. karena Indramayu belum siap sampai hari ini. Kalau bandaranya kita belum tahu sebab itu ke kebijakan pusat. Bisa jadi nantinya pusat memutuskan Bandara Kertajati atau tetap dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang," tambahnya.
 
Ahmad juga meminta calon jamaah haji untuk memaklumi kondisi ini, terutama yang tadinya bisa diberangkatkan dan dijadikan prioritas, tidak bisa diberangkatkan karena ada aturan-aturan tersendiri dari pemerintah Arab Saudi seperti pembatasan usia.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif