Warga Desa Wadas, Kecamatam Bener, Kabupaten Purworejo, yang sempat diamankan di Polres Purworejo akhirnya dipulangkan, Rabu, 9 Februari 2022. ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng
Warga Desa Wadas, Kecamatam Bener, Kabupaten Purworejo, yang sempat diamankan di Polres Purworejo akhirnya dipulangkan, Rabu, 9 Februari 2022. ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng

66 Warga Desa Wadas Dipulangkan

Antara • 09 Februari 2022 18:36
Semarang: Sebanyak 66 warga Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang sempat ditangkap saat terjadi ketegangan dalam pengukuran lahan proyek Bendungan Bener, dipulangkan ke rumah masing-masing.
 
"Seluruh warga dalam kondisi sehat dan menerima perlakuan humanis," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iqbal Alqudusy, dalam siaran pers di Semarang, Rabu, 9 Februari 2022.
 
Baca: Kapolda Jateng Klaim Tak Ada Pengerahan Ribuan Personel ke Desa Wadas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan warga yang dipulangkan dengan menggunakan dua bus tersebut memperoleh bantuan bahan kebutuhan pokok dan tali asih dari Kapolda Jawa Tengah.
 
Selama ditahan di Polres Purworejo, para warga didata dan diperiksa. Ia menambahkan pemulangan puluhan warga ini merupakan bentuk realisasi janji Kapolda Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Tengah.
 
Ia menuturkan proses pengukuran lahan warga yang sudah melepaskan tanahnya untuk proyek Bendungan Bener tersebut diperkirakan selesai pada Kamis, 10 Februari 2022.
 
Iqbal mengimbau warga Desa Wadas untuk tidak mudah diadu domba oleh provokasi dari pihak luar.
 
Sebelumnya sebanyak 66 orang warga Desa Wadas diamankan saat pengukuran lahan calon lokasi Waduk Bener pada Selasa, 8 Februari 2022 untuk menghindari benturan dengan warga yang sudah menerima pelepasan tanahnya untuk proyek tersebut.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif