Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar konferensi pers di Polres Purworejo. ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar konferensi pers di Polres Purworejo. ANTARA/ HO-Humas Polda Jateng

Kapolda Jateng Klaim Tak Ada Pengerahan Ribuan Personel ke Desa Wadas

Antara • 09 Februari 2022 16:38
Semarang: Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, mengklaim tidak ada ribuan polisi yang dikerahkan ke lokasi Bendungan Bener di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, pada Selasa, 8 Februari 2022. Personel yang ditugaskan hanya untuk mendampingi tim pengukur tanah.
 
"Tidak ada ribuan polisi, hanya 250 personel yang diterjunkan untuk mendampingi 10 Tim Badan Pertanahan Nasional (BPN)," kata Luthfi dalam keterangan pers di Semarang, Rabu, 9 Februari 2022.
 
Baca: Binda Bengkulu Sediakan 5.000 Dosis Vaksin di Kabupaten Lebong

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luthfi menjelaskan polisi mendampingi petugas BPN untuk melakukan pengukuran lahan milik warga Desa Wadas yang setuju tanahnya dibebaskan untuk pembangunan salah satu proyek strategis nasional. Kegiatan tersebut dihadiri pemilik lahan demi kepastian proses pengukuran.
 
"Karena area yang diukur lebih kurang 114 ha, maka ada 10 Tim BPN yang melakukan pengukuran. Setiap tim didampingi 20 personel," jelasnya.
 
Ia menambahkan jumlah kekuatan tersebut sesuai dengan perkiraan ancaman yang mungkin terjadi di lapangan. Namun, lanjut dia, saat proses pengukuran berlangsung ternyata ancaman yang diperkirakan tidak terjadi dan pengukuran berlangsung aman.
 
Ia menyebut kehadiran Polri di Desa Wadas berfungsi sebagai pendamping, fasilitator, dan dinamisator kegiatan pengukuran lahan terhadap warga yang sudah menerima maupun yang belum.
 
Luthfi memastikan tidak ada penyerbuan, penculikan, dan warga yang diduga dilaporkan hilang.
 
Menurut dia, memang ada seorang warga yang diamankan karena diduga menyebarkan foto-foto berisi narasi kebencian. Saat diamankan, lanjut dia, pihak keluarga yang bersangkutan sudah mengetahui dan polisi memberikan perlakuan baik.
 
Luthfi memastikan fasilitasi yang diberikan Polda Jawa Tengah saat proses pengukuran lahan di Desa Wadas sudah sesuai prosedur standar operasional.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif