Tim SAR gabungan melakukan pengarahan dalam pencarian korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 27 November 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Tim SAR gabungan melakukan pengarahan dalam pencarian korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 27 November 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian 14 Korban Gempa Cianjur

Roni Kurniawan • 27 November 2022 09:58
Cianjur: Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian hari ke-7 terhadap 14 warga yang hilang pascagempa magnitudo 5.6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 27 November 2022. Area pencarian fokus dibagi menjadi tiga titik yakni warung sate Shinta, Cijedil, dan Kampung Cicadas.
 
"Di tiga worksite itu uang dilaporkan masih ada laporam warga yang hilang," kata Kepala Kantor SAR Bandung selaku SAR Misson Coordinator, Jumaril, Minggu, 27 November 2022.
 
Baca: Polri Pakai Helikopter dan Drone untuk Pantau Korban Gempa Cianjur

Jumaril menjelaskan pencarian starategi yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan seluruh personel yang ada baik internal Basarnas ataupun relawan. Selain itu anjing pelacak pun masih dikerahkan untuk mendeteksi tempat-tempat yang diperkirakan masih ada korban.
 
"Serta penggunaan life detector. Selain kedua startegi tersebut tim SAR Gabungan juga diharapkan bisa memaksimalkan alkon dan alat berat pada operasi SAR hari ke 7 sehingga dapat mengevakuasi 14 warga yang masih dinyatakan hilang," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumali menjelaskan tim gabungan memiliki kendala selama masa pencarian korban di lokasi terutama cuaca yang kerap turun hujan. Bahkan gempa susulan pun masih terjadi di cianjur sehingga sangat riskan akan terjadinya longsor.
 
"Perlu hati-hati. Oleh karenanya Basarnas sudah menempatkan safety officer di setiap sitenya untuk memantau pergerakan yang sekiranya membahayakan tim SAR Gabungan," ungkapnya.
 
Dia mengimbau kepada seluruh tim SAR gabungan untuk memperhatikan kondisi fisik. Jika sudah lelah, lanjutnya, agar segera beristirahat dan melalukan pemeriksaan kepada tim medis baik dokter atau perawat.
 
"Selain pelaksanaan operasi SAR juga ada pergerakan HR-3604 dan 1301 Dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral ke Kampung Cikadal, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenang," ungkapnya.
 
Berdasarkan data yang dirilis pada Sabtu, 26 November 2022, pukul 17.00 WIB, terdapat 14 orang hilang dan masih dalam proses pencarian. Sedangkan yang meninggal tercatat ada 318 orang.
 
Korban luka-luka pun bertambah menjadi 7.729 orang, serta warga yang mengungsi ke tenda-tenda berjumlah 73.693 orang.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif