Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

719 Warga Pamekasan Terjaring Razia Protokol Kesehatan

Nasional Virus Korona covid-19 protokol kesehatan
Antara • 11 November 2020 14:04
Pamekasan: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pamekasan memberikan sanksi 719 warga yang melanggar protokol kesehatan. Razia dilakukan sejak 14 September hingga akhir Oktober 2020.
 
"Ke 719 warga yang ini dikenai sanksi dari berbagai jenis sanksi, seperti sanksi sosial, dan sanksi administratif," kata Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Pemkab Pamekasan, Yusuf Wibiseno, di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu, 11 November 2020.
 
Ia menjelaskan, pada hari pertama operasi tercatat 89 kasus pelanggar. Berikutnya turun menjadi 50 kasus, sedangkan operasi ketiga tercatat 20 pelanggar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semakin gencar digelar operasi dan sosialisasi, kesadaran masyarakat tentang pentingnya menegakkan disiplin protokol kesehatan juga semakin tinggi," jelasnya.
 
Baca:407 Napi Lapas Kelas IIA Pekanbaru Positif Covid-19
 
Operasi penegakan disiplin protokol kesehatan oleh tim gabungan yang terdiri atas petugas Satpol-PP Pemkab Pamekasan, Polres, dan TNI dari Kodim 0826 Pamekasan ini sebagai implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Perda Pemprov Jatim Nomor 2 Tahun 2020 serta Perbup Pamekasan Nomor 50 Tahun 2020.
 
Inpres Nomor 6 Tahun 2020 itu tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, serta Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pamekasan.
 
Selain memberi sanksi, petugas juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan. Pihaknya juga melibatkan tokoh masyarakat untuk sosialisasi.
 
"Ini tentu sebagai bukti, bahwa kesadaran masyarakat Pamekasan akan pentingnya penegakan disiplin protokol kesehatan juga semakin meningkat," tukasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif