Sunda Empire. Dok: Facebook
Sunda Empire. Dok: Facebook

Sunda Empire Tak Terdaftar di Kesbangpol Bandung

Nasional keraton
Roni Kurniawan • 17 Januari 2020 20:54
Bandung: Kelompok Sunda Empire-Earthe Empire dipastikan tak terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Jawa Barat. Perkumpulan tersebut belum pernah mengajukan izin pendirian organisasi dan kegiatan di Kota Kembang.
 
"Dari sisi prosedural juga mereka tidak ada mendaftarkan ke kami," kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Kesbangpol Kota Bandung, Inci Dermaga, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Inci mengatakan Sunda Empirepernah melakukan kegiatan dengan jumlah massa yang banyak di Bandung pada 2017 dan 2018. Kegiatan itu berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi, terang dia, pernah menegur pihak Sunda Empire karena menggunakan atribut organisasi di lingkungan kampus. "Kegiatan mereka telah diawasi dan ditindak instansi yang berwenang," terang dia.
 
Inci juga mengaku mendapatkan kabar Sunda Empire terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Subang. Keberadaan perkumpulan tersebut 'diakui' Pemkab Subang sejak 2015 dengan nomor 225-32-12/18/IV/2015.
 
Inci masih berkoordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang untuk memastikan keabsahan dan asal para anggota dari organisasi tersebut. Karena mereka juga beraktivitas di Bandung.
 
"Kami sudah lakukan komunikasi melalui telepon dan belum mendapatkan jawaban karena mereka juga masih mengecek," tegas Inci.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif