Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana (ANTARA/Nikolas Panama)
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana (ANTARA/Nikolas Panama)

Kasus Aktif Covid-19 di Bintan Riau Tinggal 9 Orang

Antara • 18 September 2022 12:57
Tanjungpinang: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat kasus aktif covid-19 di Kabupaten Bintan tinggal sembilan orang atau turun drastis dibandingkan kondisi dua pekan sebelumnya
 
"Bintan termasuk salah satu daerah yang jumlah pasiennya cepat pulih. Kasus kematian akibat covid-19 di daerah ini tidak pernah terjadi dalam beberapa bulan terakhir," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Ahad, 18 September 2022.
 
Tjetjep mengemukakan jumlah pasien covid-19 di Bintan sempat mencapai lebih dari 25 orang pada dua pekan lalu sehingga menempatkan Bintan sebagai daerah dengan jumlah kasus aktif terbanyak ketiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi sekarang justru sebaliknya, Bintan menempati urutan kedua terendah dibanding empat daerah lainnya di Kepri yang terdapat kasus aktif covid-19.
 
Baca juga: Pasien Covid-19 di Babel Kembali Bertambah

"Kabupaten Natuna hanya ada satu kasus aktif sehingga menjadi daerah dengan jumlah pasien sedikit dibanding empat daerah lainnya yang memiliki kasus aktif. Satu pasien di Natuna pun merupakan pasien yang sudah beberapa hari tertular covid-19, bukan kasus baru. Mudah-mudahan segera pulih," ujarnya.
 
Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu menambahkan tiga daerah lainnya yang ada kasus aktif yakni Kota Batam 31 orang, Tanjungpinang 18 orang, dan Kabupaten Karimun 10 orang. Kasus aktif di Batam dan Tanjungpinang cenderung meningkat, meski tidak signifikan.
 
Padahal pekan lalu, Tanjungpinang, ibu kota Kepri, yang berada satu daratan dengan Bintan sempat menempati urutan kedua terendah jumlah kasus kasus aktif covid-19.
 
"Kalau di Karimun, jumlah kasus aktif covid-19 cenderung menurun dalam pekan ini," ucapnya.
 
Sementara Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga bertahan dalam kondisi nihil kasus aktif covid-19. Anambas lebih dari satu semester nihil kasus aktif covid-19 sehingga ditetapkan sebagai zona hijau.
 
Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di Tanjungpinang Tersisa 9 Orang

Satgas Penanganan Covid-19 akan menetapkan Lingga sebagai zona hijau bila mampu bertahan nihil kasus aktif minimal selama sebulan.
 
"Sejak pandemi covid-19, Anambas, Lingga, dan Natuna merupakan tiga kabupaten di Kepri yang paling terkendali penularan kasus aktif covid-19. Salah satu penyebabnya, mobilitas penduduk dari daerah lain tidak tinggi," katanya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Bintan Gama AF Isnaeni mengimbau masyarakat tidak terlena dengan kondisi kasus aktif covid-19 yang cenderung menurun.
 
Ia mengajak warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi.
 
"Covid-19 itu masih ada sehingga kita harus tetap waspada," imbaunya.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif