Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu relawan beberapa waktu lalu di Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu relawan beberapa waktu lalu di Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.

Masyarakat Aceh Tak Sabar Jelang Kedatangan Anies Baswedan

Media Indonesia • 30 November 2022 15:36
Banda Aceh: Dukungan warga masyarakat Aceh kepada bakal calon presiden yang diusung Partai NasDem Anies Baswedan semakin terasa. Nama Anies semakin ramai dibicarakan oleh masyarakat Bumi Serambi Mekkah.
 
Mulai di perkantoran pemerintah, warung-warung kopi hingga ke perkumpulan masyarakat paling bawah, nama Anies Rasyid Baswedan semakin sering di diskusikan. Bahkan banyak orang yang ingin menawarkan diri bergabung dengan Partai NasDem untuk menjadi relawan pemenangan Anies.
 
Pimpinan Pesantren Matang Peusangan, Kecamatan Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara, Teungku Jamaluddin misalnya. Ia mengaku ingin bergabung menjadi relawan pemenangan Anies bersama Partai NasDem. Menurut Teungku Jamaluddin, antara pesantren di Aceh dan Anies
Baswedan seperti ada hubungan emosional.
 
Baca: Anies Baswedan Diagendakan Safari Politik di Sulsel

Apalagi mantan Rektor Universitas Paramadina itu sering berkunjung ke Aceh dan memberi motivasi pelajar. Itu saat beliau menjabat Menteri Pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami siap memenangkan Anies pada pilpres 2024 nanti" tutur Jamaluddin yang juga dosen IAIN Zawiyah, Langsa itu.
 
Adapun Budayawan Aceh, M Adli Abdullah mengatakan, peluang kemenangan Anies Baswedan di Aceh cukup berpeluang. Bahkan Anies bisa meraih suara mayoritas dari kalangan santri, mahasiswa dan kawula muda di Serambi Mekkah.
 
Menurut Adli Abdullah, setidaknya ada dua alasan Anies Baswedan akan mendapatkan dukungan besar di Aceh. Pertama karena faktor religi yang sangat kental di Aceh. Itu bisa menjadikan Anies sebagai idola dan mempunyai hubungan emosional sangat dekat. Ini terbukti kedatangan Anies pada 2-3 Desember atas permintaan rakyat Aceh.
 
Faktor kedua yang bisa mengangkat Anies di Aceh, karena mantan Gubernur DKI itu di usung oleh Partai Nasdem yang tak lain adalah dibawah pimpinan Putra Aceh Surya Paloh. Faktor yang kedua ini juga sangat menjanjikan.
 
"Dulu mungkin warga Aceh sempat kecewa karena memenangi partai yang akhirnya melupakan mereka dan tidak berkomitmen dengan prinsip awal. Sekarang mereka tentu tidak ingin kekecewaan itu terulang lagi" tambah Adli.
 
Sedangkan Ketua DPW NasDem Aceh, Teuku Taufiqulhadi mengatakan, elektabilitas Anies Baswedan di Aceh sejauh ini cukup tinggi. Hal itu karena sosok Anies sangat disukai oleh masyarakat Aceh atas nilai keislamannya.
 
Elektabilitas ini menurut Taufiqulhadi perlu dijaga bersama dari isu tidak benar dan fitnah. Karena isu buruk itu dapat berdampak terhadap nilai positif di masyarakat.
 
"Mengajak masyarakat Aceh untuk bersama-sama mencegah dan menyingkirkan fitnah terhadap Anies Baswedan," ujarnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif