Belasan kapal di galangan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama Kota Tegal di Kota Tegal, Jawa Tengah, terbakar. MI/Supardji Rasban
Belasan kapal di galangan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama Kota Tegal di Kota Tegal, Jawa Tengah, terbakar. MI/Supardji Rasban

Tim Labfor Investigasi Kebakaran Kapal di Tegal

Nasional kebakaran Kebakaran Kapal
Mustholih • 18 November 2021 14:16
Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah memberangkatkan tim laboratorium forensik (labfor) ke lokasi kebakaran 13 kapal di Kota Tegal, Jateng. Mereka akan menyelidiki penyebab kebakaran di dua galangan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama dan CV Sumber Pangan Tegal.
 
"Tim sudah berangkat ke Tegal. Ini dilakukan dalam rangka investigasi ilmiah untuk mengungkap penyebab kebakaran," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar M Iqbal Alqudusy, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 18 November 2021.
 
Menurut Iqbal, hingga kini kebakaran yang terjadi pada 13 kapal di Tegal itu belum sepenuhnya padam. Kepulan asap masih membumbung dari puing-puing kapal yang menandakan masih ada sedikit sisa api kebakaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dikhawatirkan nanti sisa api yang ada bisa menimbulkan risiko ledakan. Jadi lokasi belum betul-betul aman dan saat ini polisi masih mengamankan lokasi untuk kepentingan olah TKP," ujar Iqbal.
 
Baca: Polisi Periksa Sejumlah Saksi Kebakaran Belasan Kapal
 
Dia menambahkan, di sekitar lokasi kebakaran sudah dipasangi garis pembatas polisi. Iqbal meminta masyarakat setempat jangan mencoba-coba mendekati lokasi kebakaran kapal.
 
"Diharapkan masyarakat membantu kelancaran penyelidikan polisi. Diharap penyebab kebakaran segera diketahui dan kasus segera terungkap," jelas Iqbal.
 
Iqbal menegaskan, belum ada perkiraan resmi kerugian akibat kebakaran kapal. Namun, dia memastikan jumlah kerugikan bakal mencapai miliaran rupiah.
 
"Sebab, harga masing-masing kapal berkisar Rp2 sampai Rp4 miliar. Namun jumlah resmi taksiran kerugian belum ada," terang Iqbal.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif