Tes CPNS 2018. Foto: ANT/Hendra Nurdiansyah
Tes CPNS 2018. Foto: ANT/Hendra Nurdiansyah

54.600 Orang Bersaing di Seleksi CPNS Jatim

Nasional seleksi cpns
Amaluddin • 06 Februari 2020 12:32
Surabaya: Sebanyak 54.600 orang akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berbasis Computer Assisted Test (CAT). Tes seleksi di Jatim digelar selama 19 hari di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan, mulai 8 hingga 26 Februari 2020.
 
"Jumlah tersebut terbagi atas 54.263 peserta umum, 47 difabel dan 290 peserta cumlaude," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur, Nur Kholis, dikonfirmasi, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Nur Kholis mengatakan pelaksanaan tes seleksi dibagi menjadi lima sesi per hari. Masing-masing sesi diikuti 3.000 peserta. Sebanyak 600 komputer disiapkan selama pelaksanaan ujian CPNS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami terus mematangkan persiapan mulai dari sarana, dan prasarana tes hingga antisipasi adanya calo dan joki SKD," ujar nya.
 
Kholis mengaku telah membentuk tim pengawasan dalam pelaksanaan tes CAT. Semua peserta akan dipantau dengan pengawasan berlapis, lantaran adanya temuan joki CPNS di daerah lain.
 
"Untuk mengantisipasi BKD akan melakukan screening sebelum peserta memasuki ruang ujian. Panitia akan menyocokkan KTP, kartu peserta dan peserta tes sesuai di foto yang tertera," ujarnya.
 
Peserta tidak diperkenankan membawa alat bantu dalam bentuk apapun. Seperti pena, kalkulator maupun alat komunikasi.
 
"Saat registrasi, peserta akan mendapatkan pin untuk login dan mendapatkan soal tes. Masing-masing peserta soal tesnya berbeda," ungkapnya.
 
Peserta di ruang ujian juga akan diawasi oleh tim pengawas dari BKN. Selain itu, BKD juga akan memasang kamera pengawas untuk memantau peserta dari ruang kontrol.
 
"Bahkan dari HP juga bisa kita pantau kondisi peserta ujian. Sehingga bentuk kecurangan apapun akan ketahuan," tandas Nur Kholis.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif