Ilustrasi siswa PJJ. Foto: Medcom.id/Syawaluddin
Ilustrasi siswa PJJ. Foto: Medcom.id/Syawaluddin

Guru di DIY Diingatkan Jaga Kualitas Pembelajaran

Ahmad Mustaqim • 28 Maret 2022 17:38
Yogyakarta: Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengingatkan para guru tetap menjaga kualitas pembelajaran. Hal ini mengacu pada proses pembelajaran yang masih dilakukan secara kombinasi daring dan luring.
 
"Jadi guru harus menguasai metode pembelajaran, termasuk bahan-bahan pembelajarannya," kata Wakil Kepala Disdikpora DIY, Suhirman, saat dihubungi, Senin, 28 Maret 2022.
 
Baca: Yogyakarta Perpanjang Belajar Daring Hingga 14 Maret 2022

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan sumber pembelajaran yang guru gunakan harus tak hanya bisa dipakai saat proses belajaran dengan pantauan guru. Ia menegaskan bahan pembelajaran yang disiapkan guru harus bisa digunakan dan dipahami saat siswa belajar mandiri.
 
"Sumber belajar tak hanya saat belajar. Sumbernya bisa dipelajari di rumah. Lalu koordinasi dengan orang tua, keadaannya bagaimana," jelasnya.
 
Sampai saat ini pembelajaran di DIY masih kombinasi daring dan luring dengan proporsi 50 persen berbanding 50 persen. Meski angka kasus covid-19 di DIY sudah menunjukkan tren penurunan, otoritas setempat belum melakukan tatap muka 100 persen.
 
"Sampai kapan? Kami melihat level PPKM dan surat keputusan bersama atau SKM) menteri terkait," ungkapnya.
 
Sementara Kepala SMA N 1 Kabupaten Sleman, Fadmiyati, mengatakan pembelajaran secara tatap muka ataupun daring sampai saat ini tidak menjadi masalah. Ia menyebut sekolah-sekolah di Sleman menggunakan learning manajemen sistem (LMS). LMS ini dinilai bisa mengakomodasi tuntutan menjaga kualitas pembelajaran.
 
"Dengan LMS ini kami sudah bisa mengakomodasi itu. Ketika PJJ (pembelajaran jarak jauh) guru buat media pembelajaran, dikirim melalaui LMS. Siswa bisa interaksi di fitur yang tersedia untuk berdialog dengan guru," ungkap Fadmiyati.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif