Suasana pembelajaran daring di Yogyakarta. Branda Antara
Suasana pembelajaran daring di Yogyakarta. Branda Antara

Yogyakarta Perpanjang Belajar Daring Hingga 14 Maret 2022

Antara • 07 Maret 2022 17:11
Jakarta: Pembelajaran daring di Kota Yogyakarta pada 1-7 Maret akan diperpanjang satu pekan hingga Senin, 14 Maret 2022. Perpanjangan menyusul masih tingginya kasus covid-19.
 
“Dari hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan maka pembelajaran daring akan diperpanjang hingga sepekan ke depan, sampai Senin, 14 Maret 2022 dan akan dievaluasi kembali,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori dikutip dari Antara, Senin, 7 Maret 2022.
 
Budhi menyebut pihaknya sudah mendapat rekomendasi melanjutkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, pihaknya tengah berupaya meminta rekomendasi tambahan yaitu menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) bagi siswa kelas akhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Khususnya untuk siswa kelas 6 SD dan kelas 9 SMP karena akan menghadapi ujian akhir. Tentunya membutuhkan lebih banyak persiapan,” kata dia.
 
Dia menyebut persiapan lebih efektif apabila materi pembelajaran disampaikan langsung dan bukan melalui pembelajaran daring. Sebab, siswa akan lebih mudah memahami.
 
Budhi menyebut berdasarkan ketentuan, pihaknya juga dimungkinkan menggelar PTM terbatas dengan kapasitas 50 persen per kelas. “Jika yang masuk hanya siswa kelas 6 atau 9, maka kapasitas kelas bisa diatur. Tidak lagi 100 persen tetap bisa diisi maksimal 50 persen siswa per kelas,” papar dia.
 
Budhi berharap protokol kesehatan jaga jarak tetap diterapkan. Termasuk, aturan pembatasan jam pelajaran selama PTM.
 
Dia menyebut selama pembelajaran daring sepekan terakhir, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta rutin berkoordinasi dengan seluruh sekolah. Hal itu untuk memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan sudah memberikan rekomendasi untuk memperpanjang pembelajaran daring hingga 14 Maret. “Pertimbangan utamanya adalah kasus di Yogyakarta masih tinggi,” kata dia.
 
Penerapan perpanjangan PTM hanya diberlakukan sepekan dan diharapkan dapat dimulai PTM pada pekan berikutnya. Sehingga siswa kelas 6 SD dan 9 SMP bisa mempersiapkan ujian akhir.
 
Tercatat, pada Senin, 7 Maret 2022, kasus baru covid-19 di Kota Yogyakarta mencapai 177 dengan 512 pasien sembuh atau selesai isolasi, dan empat pasien meninggal dunia.
 
Saat ini terdapat 2.940 kasus aktif. Jumlah kasus aktif turun dibanding dengan Minggu, 6 Maret 2022 sebanyak 3.303 kasus.
 
Baca: 100 SD di Ambon Mulai PTM Terbatas
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif