Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

23,5 Juta Pemudik Akan Masuk Jawa Tengah

Nasional Mudik Lebaran jawa tengah Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Mustholih • 22 April 2022 17:36
Semarang: Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, memperkirakan sebanyak 23,5 juta pemudik masuk Jateng pada masa mudik Lebaran Idulfitri 2022. Menurut Luthfi, para pemudik bakal berbondong-bondong memasuki Jateng lewat lima jalur mudik.
 
"Melalui jalur tol, jalur utara, tengah, selatan, dan jalur selatan-selatan. Tahun ini diperkirakan 23,5 juta pemudik memasuki Jawa Tengah," kata Luthfi, di Semarang, Jumat, 22 April 2022.
 
Dengan jumlah pemudik yang sebegitu besar, Ahmad Luthfi mengatakan Polda Jateng perlu memperhatikan aspek pengamanan arus mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian. Maka tradisi arus mudik dan arus balik pun terkait dengan perekonomian," tegas Ahmad Luthfi.
 
Baca juga: Sumsel Terjunkan 3.578 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran
 
Menurut Luthfi, pada masa arus mudik, Polda Jateng akan mendirikan 251 pos terpadu untuk menjamin keamanan dan keselamatan pemudik. Rencananya, Polda jateng juga memberlakukan jalur satu arah di jalan tol.
 
"Pada puncak arus mudik terhitung 28-30 April 2022 apabila memang diperlukan akan diberlakukan sistem one way mulai di Kilometer 40 sampai Tol Kalikangkung," tegas Luthfi seraya menambahkan penerapan satu jalur juga akan diterapkan pada puncak arus balik, 7-9 Mei 2022 dengan memberlakukan sistem one way dari Tol Kalikangkung hingga Kilometer 40.
 
Luthfi mengimbau para pemudik juga memanfaatkan jalur selatan Jateng untuk pulang kampung. "Jalur selatan pemandangannya juga indah sekali untuk dinikmati, jalur pantura juga bisa digunakan dengan lancar. Hal ini agar tidak terjadi kepadatan arus di jalan tol," terangnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif