Kondisi Jalan Tol Trans Sumatera (ANTARA/HO)
Kondisi Jalan Tol Trans Sumatera (ANTARA/HO)

Arus Balik di Tol Trans Sumatra Masih Berlangsung

Antara • 16 Mei 2022 20:37
Bandar Lampung: Arus balik Lebaran 2022 di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bandar Lampung-Palembang maupun sebaliknya masih berlangsung.
 
Berdasarkan pantauan di JTTS ruas Bandarlampung-Bakauheni, Senin, 16 Mei 2022, menunjukkan arus kendaraan di jalan tol masih berlangsung yang didominasi mobil bernomor polisi (plat) Palembang, Jambi, dan Bengkulu.
 
Namun, kendaraan lebih ramai dari arah Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pulau Jawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi jalan tol juga mulai banyak yang rusak dan perbaikan. Pengendara berharap kendaraan truk bertonase dibatasi untuk mencegah jalan yang semakin rusak.
 
"Pengendara kendaraan diminta untuk berhati-hati saat melintasi Jalan Tol Trans Sumatra terutama ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung," kata Iwan, warga Bandar Lampung.
 
Baca juga: 
Arus Mudik dan Balik di Jatim Disebut Kondusif dan Lancar
 
Ia menyebutkan, di ruas Tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung menunjukkan saat ini masih terdapat kerusakan di sejumlah titik dan sedang dalam proses perbaikan.
 
Sejumlah pekerja juga nampak terlihat tengah mengerjakan kerusakan jalan dan kendaraan yang melintas terpaksa memperlambat laju kendaraannya.
 
"Ada beberapa titik kerusakan jalan tol di ruas itu. Karena itu pengemudi harus berhati hati saat melintasinya," kata Iwan.
 
Beberapa kendaraan yang melebihi kapasitas (ODOL) juga terlihat masih melintasi Jalan Tol Trans Sumatera, sehingga menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan tol tersebut.
 
Kendaraan tronton terpantau banyak melintas, akibatnya jalan baru diperbaiki pada arus mudik, sudah rusak lagi. Badan tol mulai dibongkar di banyak titik ruas Palembang-Bandar Lampung.
 
Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 2,69 juta kendaraan melintas di seluruh ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh BUMN tersebut, baik yang telah beroperasi secara penuh maupun secara fungsional selama selama mudik Lebaran 1443 Hijriah, 25 April-9 Mei 2022.
 
Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji, mengatakan meskipun masih banyak pemudik di Pulau Sumatra yang belum kembali ke daerah asal, namun lonjakan lalu lintas arus balik telah terjadi pada Ahad, 7 Mei 2022.
 
“Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS, dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatra menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui pintu keluar di Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” kata Dwi.
 
Angka tersebut merupakan akumulasi dari 7 (tujuh) ruas yang telah dioperasikan yakni Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Palembang-Indralaya (Palindra), Pekanbaru-Dumai (Permai), Medan-Binjai, Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat), Sigli-Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4) serta ruas fungsional yakni Bengkulu-Taba Penanjung dan Pekanbaru-Bangkinang.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif