Ilustrasi banjir di Kuningan, Jakarta Selatan. ANT/Jaya Kusuma.
Ilustrasi banjir di Kuningan, Jakarta Selatan. ANT/Jaya Kusuma.

709 Personel di Kota Tangerang Siaga Banjir

Nasional banjir musim hujan bencana alam bencana banjir
Hendrik Simorangkir • 22 Oktober 2020 23:50
Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang mengerahkan 709 personel tim siaga banjir untuk mengantisipasi fenomena Lanina pada Desember 2020 mendatang. Ratusan personel itu dibentuk untuk bersiaga di tiga wilayah, yakni timur, tengah, dan barat Kota Tangerang.
 
"Puncak hujannya sebenarnya ada di Januari dan Februari. Namun di Desember karena ada fenomena Lanina, curah hujan akan meningkat. Di Oktober ini juga sudah mulai sering hujan karena MGO atau pergerakan udara basah," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Decky Priambodo, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Baca: Tiga Penambang di Muara Enim Ditetapkan Tersangka

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Decky menjelaskan tim siaga banjir terdiri dari Seksi Operasi dan Pemeliharaan Drainase (OP Drainase), Operasi dan Pemeliharaan Jalan (OP Jalan) serta Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OP SDA).
 
"Seksi OP Drainase akan menangani genangan-genangan di perumahan dan permukiman, OP SDA melakukan siaga dengan pompa banjir di perumahan dan penanggulangan turap atau tanggul sungai yang rusak," jelasnya.
 
Decky menuturkan saat ini berdasarkan catatan Dinas PUPR Kota Tangerang, pada 2020 ada 321 titik rawan banjir dan genangan di Kota Tangerang yang terus dioptimalkan penanggulangannya.
 
Adapun sarana dan prasarana untuk menunjang antara lain pompa banjir sejumlah 273 unit (104 pompa listrik, 8 unit pompa berjalan, 4 unit mobil pompa, 63 pompa diesel, dan 94 rumah pompa).
 
"Selain itu kita menyiapkan juga material banjiran yakni Sand Bag, Bronjong, Batu Kali," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif