Situasi lalu lintas pada saat arus balik Lebaran di Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Situasi lalu lintas pada saat arus balik Lebaran di Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Polda Jabar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Panjang Akhir Pekan

Nasional lalu lintas objek wisata liburan Jawa Barat
P Aditya Prakasa • 13 Mei 2022 16:13
Bandung: Polisi akan meningkatkan patroli saat libur panjang akhir pekan untuk mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Jawa Barat diperkirakan akan menjadi tujuan wisata saat libur panjang.
 
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, peningkatan kegiatan rutin seperti patroli telah diperintahkan oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana. Hal itu dilakukan menjelang libur panjang sejak Sabtu 14 Mei 2022 hingga Senin 16 Mei 2022.
 
"Atas atensi Kapolda, sudah dilakukan persiapan, sudah diberikan atensi kepada seluruh satuan wilayah untuk mempersiapkan kegiatan rutin yang ditingkatkan, polanya dengan melakukan patroli dan melakukan pengecekan terhadap potensi gangugan Kamtibmas," kata Ibrahim di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jumat 13 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain patroli ke titik-titik rawan gangguan Kambtimbas, kata dia, jajaran Polda Jabar juga akan memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik di tempat-tempat wisata. Hal itu dilakukan mengingat situasi pandemi masih berada di level 2.
 
Baca: Polisi Awasi Ketat Alur Distribusi Hewan Ternak Masuk Jabar
 
"Tempat wisata juga dicek, dan berkoordinasi untuk tetap berlakukan Prokes, untuk pembatasan karena memang saat ini Level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan Level 2," ucap dia.
 
Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan tindakan untuk mengatasi kondisi lalu lintas yang akan terjadi di jalur-jalur wisata. Di antaranya adalah pengalihan arus dan one way di kawasan wisata padat pengunjung seperti di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dan di Puncak Bogor, Kabupaten Bogor.
 
"Jadi untuk skema arus di Lembang ini kan selalu situasinal, kalau untuk kondisi normal masih dua arah, apabila padat maka akan ada one way dengan waktu sesuai kepadatan," ucap dia.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif