Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Polisi Awasi Ketat Alur Distribusi Hewan Ternak Masuk Jabar

Nasional penyakit aneh Hewan Ternak penyakit menular Jawa Barat Penyakit Mulut dan Kuku
P Aditya Prakasa • 13 Mei 2022 15:32
Bandung: Polda Jawa Barat belum memutuskan untuk melakukan karantina terhadap hewan ternak yang keluar dan masuk wilayah Jawa Barat terkait merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Namun polisi akan tetap melakukan pengawasan jalur distribusi hewan ternak dj Jawa Barat.
 
"Mengenai pembatasan ini tidak dilakukan karena sekarang kan konsen untuk dikarantina itu di Jawa Timur. Belum ada keputusan terkait dengan karantina," ucap Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jumat 13 Mei 2022.
 
Ibrahim mengatakan, pihaknya juga saat ini tengah menyoroti adanya masalah PMK. Namun untuk saat ini, Polda Jabar masih sebatas melakukan pengawasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terkait dengan pengawasan penyakit hewan, kita sudah mendapatkan atensi dan warning kepada wilayah untuk melakukan pengawasan terkait dengan hewan-hewan ini," ucap dia.
 
Baca: PMK Merebak, 736 Sapi Asal NTT Tujuan Jakarta Tertahan di Surabaya
 
Pengawasan yang dilakukan, kata dia, baru terbatas pada pemeriksaan kelengkapan surat bagi kendaraan yang membawa hewan ternak. Sementara itu, terkait pemeriksaan kesehatan hewan ternak, diserahkan pada institusi terkait di pemerintahan.
 
"Pemeriksaan di jalan juga akan dilakukan oleh kepolisian dengan memeriksa kelengkapan surat, tapi pemeriksaan kesehatan kita kembalikan kepada stakeholder yakni dinas peternakan," kata dia.
 
Sebelumnya, sebanyak 1.200 ekor sapi di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, terjangkit virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dinas Peternakan Aceh mencatat sejauh ini 10 ekor sapi yang terjangkit tersebut mati.
 
Kasus yang sama juga terjadi di Jawa Timur. Sebanyak 1.247 ternak sapi di Jawa Timur (Jatim) terinfeksi penyakit menular akut atau wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif