Mobil INCAR beroperasi di Ponorogo, Jawa Timur. Foto: Metro TV/Fajar Wiharjo
Mobil INCAR beroperasi di Ponorogo, Jawa Timur. Foto: Metro TV/Fajar Wiharjo

Tilang Elektronik Diberlakukan di Ponorogo, Diawasi Lewat Mobil Canggih

MetroTV • 24 Mei 2022 14:01
Ponorogo: Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ponorogo, Jawa Timur, mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Sistem ini mulai berlaku setelah mobil berperangkat kamera atau integrated node capture attitude record (INCAR) mulai beroperasi.
 
Tidak hanya pengendara roda dua dan roda empat, perangkat ini juga akan memonitor ketertiban pengendara di jalan raya. "Hari ini berpatroli sekaligus penindakan dengan capture dan video," kata Kasatlantas Polres Ponorogo, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ayip rizal, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Semua jenis pelanggaran akan ditindak. Meliputi, pelanggaran tidan menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan helm, melanggar contra flow, atau memuat penumpang lebih dari dua orang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melalui capture ini nanti kita verifikasi. Mulai dari jenis kendaraan, STNK, dan KTP-nya. Setelah itu, pelanggar akan kita kirimi surat melalui kantor pos ke alamat yang bersangkutan," kata Ayip.
 
Baca: Tilang Elektronik Mobile Menyesuaikan Karakteristik Daerah
 
Masyarakat diminta lebih meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas. Pasalnya, kata dia, angka pelanggaran lalu lintas di Ponorogo relatif tinggi. 
 
"Pada hari pertama penerapan ETLE, sudah ada 40 lebih pelanggar lalu lintas," kata Ayip. (Fajar Wiharjo/Yuchri)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif