Polisi ungkap praktik penimbunan solar di Aceh. Foto: Metro TV/Mulyadi
Polisi ungkap praktik penimbunan solar di Aceh. Foto: Metro TV/Mulyadi

Dalam 2 Minggu, Terungkap Penimbunan 44,5 Ton Solar di Aceh

Nasional BBM bbm bersubsidi Solar Subsidi aceh Solar
MetroTV • 19 April 2022 12:36
Aceh: Kasus penimbunan bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi di Aceh marak dalam kurun 15 hari terakhir. Angkanya menyentuh 44,5 ton. 
 
Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh mengungkap 21 kasus penyalahgunaan solar. Puluhan kasus itu melibatkan 25 tersangka.
 
Kasus terbaru, Polda Aceh menemukan adanya aktivitas penimbunan solar bersubsidi di kawasan permukiman Desa Meunasah Baet Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Petugas menggerebek sebuah rumah setengah jadi yang di dalamnya ditemukan sebuah mobil penumpang dan mobil barang yang sudah dimodifikasi, mesin pompa, dan 12 tangki kosong berkapasitas masing-masing satu ton. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam dua minggu ini jajaran Polda Aceh mengungkap 21 kasus dengan jumlah barang bukti 44,5 ton," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Pol Sony Sonjaya, Senin, 18 April 2022.
 
Di kasus terbaru, polisi menyita barang bukti 6 drum solar, ada tangki berukuran satu ton sebanyak 12 unit, dan mesin pompa. "Total ada 600 liter solar dalam drum karena tangki-tangkinya sudah kosong," kata dia.
 
Menurut Sony, kegiatan penimbunan BBM telah berlangsung setahun terakhir. Dalam waktu dekat, polisi akan segera memeriksa pemilik rumah yang melakukan penimbunan tersebut.
 
Baca: 21 Kasus Penimbunan BBM Terungkap, 44 Ton Solar Diamankan
 
Sebagai pendalaman, Sony sudah memerintahkan timnya menelusuri modus serta mencari kemungkinan keterlibatan petugas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dalam kasus ini. Seringkali ditemukan adanya main mata antara penimbun BBM bersubsidi dengan petugas SPBU untuk mencari keuntungan.
 
Pengungkapan penimbunan BBM ini gencar dilakukan Polda Aceh dalam beberapa pekan ini seiring kerapnya terjadi kekosongan solar di SPBU. Ia pun mengimbau pemilik SPBU untuk memperketat pengawasan penyaluran solar untuk menghindari praktik penimbunan.
 
"Saya imbau bagi pemilik SPBU agar melakukan kontrol saat mobil mengisi minyak, berapa kapasitasnya. Karena kalau sudah dimodifikasi bisa melebihi jumlah biasanya. Bisa sampai satu ton," kata Sony. (Mulyadi/REN)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif