Kiprah pemimpin milenial. Foto: Dok/Metro TV
Kiprah pemimpin milenial. Foto: Dok/Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Wagub Sumbar Canangkan Daerahnya Jadi Provinsi Digital

Nasional generasi milenial Digitalisasi Sekolah Selamat Pagi Indonesia
MetroTV • 15 Desember 2021 12:19
Jakarta: Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy merupakan satu dari sembilan pemimpin daerah milenial di Sumbar. Audy menginginkan perubahan dan pergerakan secara cepat dengan menciptakan program kerja yang berbasis digital.
 
“Sumatra Barat moving to digital province, karena salah satu program kita mau lebih mendigitalisasi Sumatra Barat,” ujar Audy dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 15 Desember 2021.
 
Payung besar dari digitalisasi Sumbar adalah digitalent yang kemudian dibagi ke beberapa klaster. Beberapa di antaranya adalah pembuatan aplikasi digital, pembentukan wirausaha dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dinas Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) Sumbar berhasil membuat aplikasi bernama Sumbar Madani. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengetahui sumber pariwisata, lapor gubernur/wakil gubernur terkait keluhan masyarakat, dan lainnya.
 
Audy menjelaskan sisi baik dari covid-19 yaitu membuat Indonesia harus beradaptasi ke dunia digital dua kali lebih cepat dari target awal. Salah satu hal yang terus ditekankan Audy dalam memanfaatkan digitalisasi yaitu pengurangan kertas.
 
“Kita contohkan dari kita sendiri, setiap saya memberi sambutan, saya sudah tidak memakai kertas lagi, saya pakai tab selalu. Setiap meeting saya sudah tidak menerima lagi dokumen dengan kertas. Melihat pimpinan seperti itu pasti lingkungannya ngikut,” jelas Audy.
 
Selain itu, Audy juga mengajak Kominfo untuk ikut serta bertransformasi ke dunia digital. Menurut Audy, memang masih banyak hal terkait digitalisasi yang harus dimanfaatkan, namun yang terpenting sudah memulai. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif