Ilustrasi bioskop. Gettyimage
Ilustrasi bioskop. Gettyimage

Pengamat Nilai Pembukaan Bioskop di Bandung Bukan Prioritas

Nasional Virus Korona bioskop
Roni Kurniawan • 10 Oktober 2020 14:07
Bandung: Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf, menilai kebijakan Pemerintah Kota Bandung yang memberikan izin bioskop kembali operasional bukan proritas utama. Terlebih Kota Bandung masuk zona merah covid-19.
 
Asep mengatakan, Pemkot Bandung seharusnya memperioritaskan jenis usaha menengah ke bawah atau UMKM untuk beroperasional secara optimal ketimbang bioskop. Pasalnya, sektor UMKM menjadi penggerak ekonomi lokal.
 
"Waktu itu yang direlaksasi itu adalah sektor ekonomi yang menyangkut para pelaku menengah ke bawah seperti kuliner, fesyen. Itu yang harus digerakan karena mereka sangat berat tertimpa dari sisi pendananan pasar," ujar Asep, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asep menuturkan, bioskop tak termasuk sektor ekonomi yang seharusnya mendapat prioritas oleh Pemkot Bandung saat pandemi covid-19. Seharusnya, lanjut Asep, Pemkot Bandung jangan terburu-buru memberikan izin bioskop buka kembali.
 
Baca:Protokol Kesehatan Bioskop di DKI Belum Penuhi Syarat
 
"Bioskop bukan pada level itu, bukan pada prioritas itu, padahal sebetulnya maaf saya bukan anti bioskop seharusnya itu ditunda lah sampai betul-betul situasi mereda agak aman," bebernya.
 
Asep mengaku khawatir terjadi penyebaran covid-19 di ruang tertutup yang dilengkapi pendingin udara seprti bioskop. Pasalnya penonton bisa saja melanggar protokol kesehatan, seperti membuka masker saat menyaksikan pemutaran film.
 
"Bioskop itu kan ruangan yang tertutup, misalkan penonton abai buka masker dan batuk atau bersin itu gimana. Menurut saya bioskop bukan pioritas," tegasnya.
 
Sebelumnya, Pemkot Bandung telah memberikan izin kepada sembilan bioskop untuk beroperasi kembali pada sembilan Oktober. Relaksasi dikeluarkan setelah Pemkot Bandung melakukan peninjauan secara langsung penerapan protokol kesehatan di bioskop.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif