ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Polda NTT Siapkan 1 Kompi Personel untuk Antisipasi Bencana

Antara • 25 November 2022 23:34
NTT: Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan satu kompi cadangan dari satuan fungsi untuk siaga 24 jam guna mengantisipasi jika terjadi bencana alam di provinsi berbasis kepulauan itu.
 
Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma mengatakan dalam satu kompi itu terdapat kurang lebih 100 personel yang dibagi menjadi beberapa peleton.
 
“Ini kita siapkan dalam rangka siaga bencana khususnya di wilayah NTT,” kata Johanis, Jumat, 25 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu kompi cadangan untuk penanganan bencana alam itu telah dilatih dan difokuskan untuk terjun ke lapangan guna penanganan korban bencana alam. Menurut dia, keberadaan anggota polisi yang sudah disiapkan itu layaknya seperti personel SAR yang dilatih khusus untuk penanganan bencana alam.
 
Baca: Suasana Haru Salat Jumat Pertama Pascagempa Pengungsi Korban Gempa Cianjur

Tak hanya itu, ada personel yang disiapkan untuk trauma healing dari biro SDM Polda NTT. Tugas mereka kata Kapolda adalah melakukan pendampingan terhadap korban bencana.
 
Terkait persiapan peralatan, ujar mantan Kadiv Hubinter Polri itu dalam keadaan kondisi baik dan siap digunakan.
 
"Peralatan yang dimiliki baik oleh Brimob, Samapta, Polairud, Lalu Lintas dan Dokkes semuanya dalam kondisi baik dan siap pakai dalam menghadapi berbagai kemungkinan terburuk sehubungan dengan musim hujan ini,” ucap Johanis.
 
Lanjutnya,  Polda NTT juga akan berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak dalam memberikan pertolongan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
 Kesiapan Polda NTT ini ditandai dengan apel gelar pasukan dan peralatan. Tujuannya untuk menyiapkan baik personel, baik perlengkapan maupun cara bertindak di lapangan.
 
"Kita tahu bahwa sekarang adalah musim penghujan, dimana hujan disertai dengan angin, ya ini bisa menimbulkan bencana mulai dari yang skala kecil hingga skala besar mulai dari pohon tumbang di jalan, banjir kemudian tanah longsor dan sebagainya.” ujar dia.
 
Polda NTT sendiri tambah dia siap untuk memberikan pertolongan, pencarian termasuk memberikan pelayanan pengobatan, trauma healing dan sebagainya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif