Ketua Kontingen Kabupaten Tangerang Taufik Emil.
Ketua Kontingen Kabupaten Tangerang Taufik Emil.

Kabupaten Tangerang Sebut Rekapitulasi Medali Porprov Banten Tak Akurat

Hendrik Simorangkir • 27 November 2022 16:55
Tangerang: Kontingen atlet Kabupaten Tangerang, Banten, menyatakan kekecewaannya pada Porprov ke VI yang digelar di Kota Tangerang. Pasalnya, sistem rekapitulasi medali dinilai tak akurat.
 
"Sistem rekapitulasi medali di Porprov ke-VI informasinya kurang fair play dan sportivitas. Perolehan data di website dengan hasil di lapangan berbeda," ujar Ketua Kontingen Kabupaten Tangerang Taufik Emil, Minggu, 27 November 2022.
 
Taufik menjelaskan, pada hari pertama pelaksanaan, pihaknya sangat mudah mengakses daftar perolehan medali hingga data atlet peraih medali emas, perak, dan perunggu. Namun, lanjutnya, melewati hari ketiga pihaknya kesulitan mengakses data tersebut hingga memasuki hari ke delapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini berlanjut pada kendala selisih medali yang kami peroleh setiap harinya dari data tim pemantau di lapangan dengan data yang tertera di websitenya. Bahkan selisih perolehan medali yang kami raih dengan data yang tertera di situs sempat mencapai angka 50 medali emas setelah sebelumnya fluktuatif diangka 20 sampai 30 medali emas," jelasnya.
 
Baca juga: Api Obor Porprov Banten Akan Dibawa Keliling 8 Kota/Kabupaten

Taufik menuturkan, Koni Kabupaten Tangerang pun sudah melakukan komunikasi intens terkait hal tersebut, namun tidak ada data yang bisa menjawab perbedaan selisih. Hanya saja, panitia melalui bidang pertandingan memberi jawaban selisih terjadi karena keterlambatan technical delegate cabang olahraga dalam menginformasikan kepada panitia.
 
"Namun yang terjadi di lapangan, Koni Kabupaten Tangerang menemukan indikasi ketidaksesuaian data karena alasan panitia tersebut," katanya.
 
Taufik menilai waktu penginputan data kurang update, mengingat perubahan perolehan medali dilakukan panitia hanya 1 kali setiap hari pada pukul 21.00 WIB. Sedangkan jadwal pertandingan di sebagian besar cabang olahraga digelar dari mulai pagi hari hingga pukul 17.00 WIB.
 
"Yang terkini itu dari cabor catur, informasi Pengcab Percasi Kabupaten Tangerang pertandingan sudah selesai Sabtu, 26 November 2022 pada pukul 14.00 WIB. Namun data yang tersaji di situs Porprov ke-VI pada klasemen perolehan medali, Minggu, 27 November 2022 terdapat selisih 3 medali emas," ungkapnya.
 
Baca juga: Bazar Bantu Nelayan di Kabupaten Tangerang Dapat Sembako Murah

Bahkan, Taufik menambahkan, ada indikasi beberapa cabor diutamakan perolehan medali yang diinput dalam klasemen di situs resmi Porprov adalah raihan atlet wilayah tertentu. 
 
"Sehingga data yang tersaji adalah untuk keunggulan kontingen wilayah tersebut," ucap dia.
 
Dari indikasi tersebut, KONI Kabupaten Tangerang menyimpulkan jika panitia tidak siap mengolah data perolehan medali terupdate membuat banyak masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang, yang tidak terinformasi dengan benar dengan data yang tersaji. Sehingga, lanjutnya, Koni Kabupaten Tangerang mempermasalahkan ketertinggalan transparansi panitia dalam perolehan medali Porprov ke-VI dalam akurasi data di website dengan hasil pertandingan secara tertulis yang dihimpun tim pemantau Kabupaten Tangerang tidak akurat. 
 
"Kondisi ini membuat spirit dan psikologi atlet Kabupaten dan Kota lain di Banten terganggu dalam mewujudkan target raihan medali emas," ungkapnya.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif