ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Tersangka KDRT Belum Ditahan

Nasional Kekerasan dprd kekerasan dalam rumah tangga Kabupaten Tangerang
Hendrik Simorangkir • 09 Desember 2021 17:08
Tangerang: Polresta Tangerang menetapkan anggota DPRD Kabupaten Tangerang berinisial RGS sebagai tersangka. Status itu terkait kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya berinisial LK.
 
"Saat ini tersangka RGS masih belum dilakukan penahanan, hanya menjalani wajib lapor terhadap penyidik Polresta Tangerang," kata Kapolresta Tangerang, Kombes Wahyu Sri Bintoro, Jumat, 9 Desember 2021.
 
Baca: Kejati Sulsel Geledah PDAM Makassar

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahyu menjelaskan dengan status tidak ditahannya RGS, dianggap tidak akan melarikan diri atau merusak barang bukti. "Terkait penahanan RGS sudah diserahkan kepada para penyidik. Artinya RGS sudah menjalankan wajib lapor," jelasnya.
 
Wahyu menuturkan pihaknya bakal merampungkan proses pemberkasan RGS, terkait kasus dugaan KDRT, untuk diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang. "Kami masih melakukan proses pemberkasan perkara dari RGS untuk diserahkan ke kejaksaan," ungkapnya.
 
Menurut Wahyu sesuai Pasal 21 KUHAP penahanan lanjutan dilakukan terhadap seorang tersangka atau terdakwa yang diduga keras melakukan tindak pidana berdasarkan bukti yang cukup.
 
Kemudian dalam hal adanya keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka atau terdakwa akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana.
 
"Kita serahkan semua pada keputusan penyidik. Dengan pertimbangan Pasal 21 KUHAP tersebut penyidik bisa melakukan penahanan dan tidak melakukan penahanan," ujarnya.
 
Sementara Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang, Nana Lukmana mengatakan pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) pada 25 Oktober 2021, terkait kasus tersebut.
 
"Tapi dari tanggal itu hingga sekarang, pemberkasannya dari penyidik Polresta Tangerang belum diterima oleh kita (Kejari Kabupaten Tangerang)," kata Nana.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif