Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tiga Daerah di Jatim Mulai Memberlakukan Transisi New Normal

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 02 Juni 2020 06:24
Surabaya: Tiga dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) resmi memberlakukan masa transisi sebelum masuk masa kenormalan baru atau new normal. Ketiga daerah itu yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, yang baru selesai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
 
"Masa transisi di Malang Raya ini resmi diberlakukan per 1 Juni ini," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, 1 Juni 2020.
 
Meski telah menerapkan PSBB, angka kasus di Malang Raya cukup tinggi, yakni ada tambahan 17 pasien baru positif covid-19 per 1 Juni 2020. Rinciannya, 14 kasus di antaranya dari Kota Batu, dua di Kabupaten Malang dan satu kasus di Kota Malang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah mengatakan penambahan kasus ini bukan terjadi dalam beberapa hari yang lalu, melainkan sejak awal April, dan sekarang sudah sembuh. "Sebenarnya ini kasus per akhir April, tapi kemudian terkonfirmasi lagi pada Mei," kata dia.
 
Khofifah mencontohkan 14 kasus baru di Kota Batu yang diumumkan hari ini, sudah dinyatakan sembuh. Khofifah mengaku sudah berkomunikasi dengan beberapa pasien tersebut saat berkunjung ke Kepanjen, Kabupaten Malang pada 16 Mei 2020.
 
"Karena itu tadi, waktu di tes swab PCR, hasilnya baru hari ini diumumkan oleh pemerintah pusat," ucap dia.
 
Baca: Pemprov Jatim Siapkan Strategi Pencegahan Covid-19 di Pesantren
 
Khofifah mengatakan pengumuman tambahan pasien positif menjadi kewenangan tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 pusat. Pemerintah daerah hanya mengumumkan pasien yang sudah dinyatakan sembuh dan meninggal.
 
Jumlah pasien positif covid-19 di Jatim mencapai 4.920 orang per 1 Juni 2020. Dari jumlah itu, 3.775 orang masih dirawat, 699 orang sembuh atau setara 14,21 persen, dan yang meninggal mencapai 418 orang setara 8,50 persen.
 
Sementaraa jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah menjadi 6.687. Pasien masih diawasi sebanyak 3.202 orang atau setara 47,88 persen dari total PDP.
 
Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) kini sebanyak 24.737. Orang yang masih dalam pantauan sebanyak 4.058 atau 16.40 persen dari total ODP.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif