NEWSTICKER
Rapat bersama Forkopimda Sidoarjo terkait pelaksanaan Pilkades. (Foto: Medcom.id/Syaikhul)
Rapat bersama Forkopimda Sidoarjo terkait pelaksanaan Pilkades. (Foto: Medcom.id/Syaikhul)

Pilkades Serentak di Sidoarjo Ditunda

Nasional Pilkades
Syaikhul Hadi • 26 Maret 2020 19:31
Sidoarjo: Pemilihan Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, ditunda. Pilkades yang rencananya digelar pada 19 April ditunda lantaran masa darurat covid-19 akan berakhir pada 29 Mei 2020.
 
"Setelah melalui rapat bersama, kami semua sepakat untuk menunda pilkades serentak hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan," ujar Pelaksana tugas Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Meski demikian, penundaan itu tidak akan berlangsung lama. Jika situasi dan kondisi terkait adanya korona sudah membaik, pilkades bisa segera digelar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mudah-mudahan ini bisa segera berakhir dan Pilkades bisa dilaksanakan segera," tegasnya.
 
Baca juga:Pencuri Masker RSUD Pagelaran Cianjur Seorang ASN
 
Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa Kabupaten Sidoarjo, Heru Sultan, mengaku, menerima keputusan tersebut. Heru meminta agar pemkab segera membuatkan surat penundaan pilkades.
 
"Jika memang pilihan yang terbaik adalah ditunda, kita ikuti. Kami minta pemkab segera membuat surat secara resmi dan dikirim ke desa-desa," jelasnya.
 
Senada, Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji menambahkan pilkades serentak ditunda lantaran berpotensi menjadi pusat kerumunan massa.
 
"Dikhawatirkan akan berpotensi penyebaran covid-19. Kami dari kepolisian menyarankan pilkades serentak di Sidoarjo lebih baik ditunda sampai batas waktu yang akan ditentukan pemerintah pusat," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif