Kasi Survei dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri. Dokumentasi/ Istimewa
Kasi Survei dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri. Dokumentasi/ Istimewa

Pasien Sembuh Covid-19 di Sumsel Tercatat 4.061 Orang

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19
Gonti Hadi Wibowo • 23 September 2020 18:28
Palembang: Angka kesembuhan pasien covid-19 di Sumatra Selatan meningkat menjadi 4.061 kasus. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel mencatat persentase tingkat kesembuhan mencapai 73,9 persen.
 
"Dalam dua hari terakhir angka kesembuhan pasien covid-19 di Sumsel mendekati angka 100 orang. Tingkat persentase kesembuhan juga meningkat drastis dari yang sebelumnya sekitar 60 persen," kata Kasi Survei dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri, Rabu, 23 September 2020.
 
Baca: Komisioner dan Kabag KPU Agam Positif Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusri mengatakan tingkat kesembuhan pasien meningkat lantaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga melakukan tracing secara agresif kepada pasien covid-19 untuk memutus penyebaran virus tersebut.
 
Selain itu penerapan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait sanksi protokol kesehatan minimal Rp100 ribu hingga Rp500 ribu yang berlaku serempak di 17 kabupaten/kota di Sumsel juga berdampak terhadap kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan.
 
"Untuk pasien sembuh itu rata-rata mereka isolasi di rumah. Untuk kapasitas ruangan rumah sakit untuk merawat pasien covid-19 juga masih banyak yang kosong," jelasnya.
 
Yusri menjelaskan status zona merah di Sumsel hanya tersisa satu wilayah yakni kabupaten Muara Enim. Sedangkan untuk zona oranye terdapat 11 wilayah yakni Palembang, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), Musi Banyuasin, Musi Rawas, OKU Timur, Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih, Lubuklinggau, dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).
 
Kemudian, Ogan Komering Ilir (OKI), Pagar Alam, OKU Selatan, Empat Lawang, Musi Rawas Utara. "Untuk wilayah zona merah yang pekan lalu ada tiga wilayah sekarang hanya tersisa satu. Sedangkan wilayah zona hijau di Sumsel masih nihil," ungkapnya.
 
Per 23 Sepetember 2020, kasus covid-19 di Sumsel mencapai 5.607 orang, pasien sembuh 4.061 orang, dan pasien meninggal 330 orang.
 


 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif