Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Pemprov Jateng.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Pemprov Jateng.

Ganjar Instruksikan Tim Penurunan Stunting Segera Bekerja

Antara • 20 Mei 2022 19:39
Semarang: Upaya penurunan stunting di Jawa Tengah terus dikebut. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berupaya menyiapkan generasi masa depan yang berkualitas.
 
Ganjar membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting Jawa Tengah yang terdiri dari perwakilan BKKBN, Dinas Kesehatan, OPD, PKK, dan pihak lainnya itu.
 
Stunting masih menjadi problem di Jawa Tengah. Maka tim ini saya harap bisa mempercepat penurunan stunting. Setelah dilantik, saya minta harus segera kerja,” kata Ganjar melalui keterangan tertulis, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 540 Ribu Anak di Jateng Derita Stunting
 
Menurut dia, kerja paling utama dari tim penurunan stunting adalah mendata ibu hamil. Jawa Tengah sudah memiliki program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng) yang bisa digunakan untuk membantu proses pendataan itu.
 
“Seluruh orang hamil harus didata, dilakukan assessment apakah mereka punya masalah atau tidak. Kalau bermasalah, langsung dilakukan tindakan intervensi,” ucapnya.
 
Menurut teori, lanjut Ganjar, dari semua ibu hamil, terdapat 20 persen yang bermasalah. Maka, tugas utama tim ini adalah mencari 20 persen itu untuk dilakukan tindakan.
 
“Selain tindakan intervensi, kandungan bermasalah ini juga harus didampingi. Bisa dari BKKBN, pemerintah, mengajak perguruan tinggi dengan program one student one client dan lainnya,” jelasnya.
 
Tim mesti mendata mereka kemudian melakukan edukasi pada masyarakat. Banyak hal yang harus diedukasi, termasuk persiapan pernikahan, soal gizi, kesejahteraan, akses kesehatan, dan lainnya.
 
“Dengan tim ini, saya berharap pencegahan stunting bisa dilakukan makin dini. BKKBN juga sudah punya program, tiga bulan sebelum nikah mereka dicek kesehatnnya. Kalau semua sehat, insyaalah bisa mencegah stunting,” kata Ganjar.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif