Wisatawan saat mengunjungi Taman Gua Sunyaragi Cirebon (Humas Pemkot Cirebon).
Wisatawan saat mengunjungi Taman Gua Sunyaragi Cirebon (Humas Pemkot Cirebon).

300 Ribu Wisatawan Kunjungi Cirebon Selama Libur Lebaran

Nasional Wisatawan wisata pariwisata daerah Jawa Barat Lebaran 2022
Ahmad Rofahan • 11 Mei 2022 11:34
Cirebon: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon mencatat sebanyak 300 ribuan wisatawan berkunjung ke Kota Cirebon, saat liburan lebaran 2022. Jumlah tersebut berdasarkan hitungan okupansi hotel dan kunjungan ke tempat wisata.
 
"Jumlah tersebut dihitung berdasarkan okupansi hotel dan kunjungan di objek wisata dari 1-8 Mei 2022," kata Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Kota Cirebon, Hanry David, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Hanry menuturkan, sejumlah destinasi wisata di Kota Cirebon selama libur Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Peningkatan jumlah wisatawan, terutama terjadi di empat objek wisata, yaitu Taman Goa Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Waterland Ade Irma Suryani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 2 Gunungan Kupat Lepat Jadi Rebutan Warga
 
“Total pengunjung sebanyak 20.413 orang terhitung 1-8 Mei 2022. Jumlah ini meningkat lima kali lipat dari biasanya. Misal wisata Goa Sunyaragi, biasanya capaian seribu wisatawan itu sebulan, tapi sekarang bisa sehari,” tuturnya.
 
Sedangkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Kota Cirebon, tertinggi terjadi pada 4-5 Mei 2022, yakni mencapai 84-85 persen.
 
Ia sendiri menyebut, bahwa total rata-rata okupansi hotel sejak 1-8 Mei 2022 mencapai 71,8 persen. Data tersebut ia ambil dari 59 hotel yang ada di Kota Cirebon.
 
“Ada 59 hotel yang dilakukan rekapitulasi data okupansi. Dari sekian hotel itu puncak okupansi terjadi pada 4-5 Mei 2022. Data rekapitulasi juga bakal disampaikan ke pemerintah provinsi dan pusat,” jelasnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif