Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Bali, Wayan Koster, di Taman Budaya, Denpasar, Jumat, 28 Januari 2022. ANTARA/Ni Luh Rhismawati
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Bali, Wayan Koster, di Taman Budaya, Denpasar, Jumat, 28 Januari 2022. ANTARA/Ni Luh Rhismawati

Kapolri Kukuhkan Bankamda dan Forum Sipanduberadat di Bali

Antara • 28 Januari 2022 16:50
Denpasar: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bantuan Keamanan Adat (Bankamda) dan sekaligus meresmikan Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipanduberadat). Forum tersebut telah terbentuk di seluruh desa adat di Provinsi Bali.
 
"Saya sangat mengapresiasi inisiatif Bapak Gubernur Bali untuk membentuk forum keamanan terpadu yang tentunya menjadi salah satu kekuatan baru guna menjaga stabilitas kamtibmas," kata Listyo saat peresmian acara di Taman Budaya Denpasar, Jumat, 28 Januari 2022.
 
Baca: Ganjar Dukung Pengembangan Potensi Parekraf di Jateng

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Listyo menjelaskan dengan kehadiran Bankamda dan Forum Sipanduberadat dari tingkat desa adat hingga ke tingkat kecamatan dan kabupaten/kota dapat menjaga kekayaan yang dimiliki desa adat.
 
"Di dalam desa adat itu ada kegiatan adat, seni, dan budaya. Terlebih desa adat merupakan basis ekonomi di tingkat hulu," jelasnya.
 
Listyo mengatakan berbagai kegiatan di desa adat dapat berjalan lancar jika stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di desa adat berjalan dengan baik.
 
Ia berharap Forum Sipanduberadat dan Bankamda yang telah terbentuk di 1.493 desa adat di Provinsi Bali bisa dikembangkan menjadi role model di provinsi lain yang berbasis desa adat.
 
"Semuanya mengakui kekuatan ini (adat) sangat efektif saat beberapa waktu yang lalu dan hingga saat ini kita menghadapi pandemi covid-19," katanya sembari mengapresiasi capaian vaksinasi covid-19 di Provinsi Bali.
 
Sementara Gubernur Bali, Wayan Koster, menilai dengan dikukuhkannya Bankamda dan diresmikannya Forum Sipanduberadat secara langsung oleh Kapolri pada hari ini dinilai sebagai hari bersejarah.
 
"Ini hari bersejarah di Provinsi Bali karena baru pertama kali ada di Indonesia dan dihadiri langsung oleh Kapolri. Ini akan menjadi warisan penting bagi generasi di masa mendatang," ungkap Koster.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif