Penumpang turun kapal di Pelabuhan Kartini Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani
Penumpang turun kapal di Pelabuhan Kartini Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani

Antisipasi Lonjakan Jadwal Penyeberangan ke Karimunjawa Ditambah

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Rhobi Shani • 28 April 2022 16:07
Jepara: Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Jawa Tegah, menambah jadwal penyeberangan dari Dermaga Kartini Jepara ke Pulau Karimunjawa. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dan wisatawan.
 
Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dishub, Suroto, mengatakan pada Lebaran kali ini kapal cepat akan tetap beroperasi saat hari H dan H+1. Kondisi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumhya, dimana pada hari H dan H+1 pelayaran ditiadakan.  
 
"Ada beberapa warga dan biro wisata yang getol meminta untuk dibuka. Ya, saya buka saja. Saya buka PP (pulang pergi, red)," kata Suroto,  Kamis, 28 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pengoperasian Tol Gedebage KM 149 Situasional
 
Suroto mengatakan kapal yang akan berlayar yaitu Express Bahari 2C dengan kapasitas 360 penumpang. Kapal itu akan berlayar pada Hari H dan H +1 Idulfitri dengan skema PP.
 
Sementara untuk H+3 sampai H+7, semua kapal akan diberangkatkan. Mulai dari kapal Express Bahari 2C dan 3F serta Kapal Siginjai. Selama itu, Kapal Express Bahari akan berlayar PP.
 
Selama sepekan momen lebaran, diprediksi akan ada sepuluh ribu penumpang kapal yang akan menuju Karimunjawa. Saat ini, tiket untuk penyebarangan dua kapal, yaitu Express Bahri 3F dan KMP Siginjai pada H+4 sudah habis terjual.
 
“Ada cadangan satu kapal Express Bahari 2C dengan kapasitas 360 penumpang. Kemarin, kapal cadangan itu sudah terpesan 200 calon penumpang. Kemungkinan akan bertambah terus,” jelas Suroto.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif