Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Pengoperasian Tol Gedebage KM 149 Situasional

Nasional Mudik Lebaran kota bandung Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Media Indonesia • 28 April 2022 12:48
Bandung: Pemerintah Kota Bandung bakal memfungsikan akses KM 149 A ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi atau yang dikenal dengan Tol Gedebage 149. Hal ini sebagai antisipasi adanya lonjakan kendaraan yang akan melewati Tol Cileunyi saat mudik Lebaran 2022.
 
Namun pengoperasian akses Tol Gedebage 149 ini sifatnya situasional mulai H-7 (25 April) sampai H+7 (10 Mei 2022) mulai pukul 06.00-08.00 WIB.
 
Project Director Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Raddy Lukman menyampaikan jalur 149 hanya bisa digunakan untuk kendaraan golongan 1 nonbus. Dan hanya untuk akses keluar dan tidak untuk sebaliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami bakal terus berkoordinasi dengan kepolisian, jika nantinya ada kepadatan di Cileunyi, maka jalur ini akan dibuka," jelasnya di Bandung Kamis, 28 April 2022.
 
"Persiapan exit Tol Gedebage 149 sudah matang meskipun hanya menjadi alternatif. Di sana telah tersedia rambu-rambu guna memudahkan pemudik yang melalui jalur tersebut. Semisal warning light, levelling pada oprit, dan rambu penunjuk jalan.
 
Baca: Volume Kendaraan Naik 20%, Arus Mudik di Banyumas Masih Terkendali
 
"Dan saat momen arus balik, kami sudah siapkan antisipasi untuk meningkatkan kapasitas jika nanti ada lonjakan lalu lintas,"ujarnya.
 
Menurut Raddy jika dalam waktu 30 menit antrean di Gerbang Tol (GT) Cileunyi tak mencair sampai 1 kilometer, maka tim operasional JMTC area Purbaleunyi akan segera menginformasikan ke polisi untuk mengalihkan ke akses ke Tol Gedebage 149.
 
Untuk selanjutnya, kendaraan bakal diarahkan ke arteri Gedebage-Soekarno Hatta menuju Cileunyi atau Garut via Kamojang. Adapun waktu pengalihan durasinya tentatif.
 
"Artinya ketika antrean GT Cileunyi berkurang maka akses Gedebage akan ditutup kembali. Selanjutnya, lalu lintas diarahkan lagi ke exit GT Cileunyi," lanjutnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif