Bupati Malang, M Sanusi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo saat menghadiri pagelaran wayang kulit, di Pendopo Pemerintah Kabupaten Malang, Kecamatan Kepanjen, Jawa Timur, Jumat 14 Desember 2018/Dok. Humas Pemkab Malang.
Bupati Malang, M Sanusi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo saat menghadiri pagelaran wayang kulit, di Pendopo Pemerintah Kabupaten Malang, Kecamatan Kepanjen, Jawa Timur, Jumat 14 Desember 2018/Dok. Humas Pemkab Malang.

Bupati Malang Kenang Tjahjo Kumolo Sosok Penyederhana Birokrasi

Daviq Umar Al Faruq • 01 Juli 2022 15:32
Malang: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat, 1 Juli 2022. Bupati Malang, M Sanusi, mengaku merasa kehilangan sosok Tjahjo.
 
"Merasa kehilangan sosok menteri yang low profile dan begitu dekat dengan masyarakat dan kepala daerah. Atas nama Pemkab Malang saya mengucapkan belasungkawa dan turut berduka cita," kata Sanusi, Jumat 1 Juli 2022.
 
Sanusi menilai, sosok Tjahjo beberapa kali mengeluarkan kebijakan yang cukup berpengaruh semasa menjabat sebagai menteri. Baik saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) maupun saat menjadi Menpan-RB. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika beliau menjabat sebagai kemendagri, ada beberapa terobosan untuk mempermudah birokrasi di Kabupaten Malang," ujar Sanusi.
 
Baca juga: Ganjar Kenang Sosok Tjahjo Kumolo Tidak Pelit Ilmu dan Mengayomi

Sanusi menerangkan, salah satu terobosan Tjahjo Kumolo yang hingga saat ini masih dirasakan cukup berpengaruh adalah terbentuknya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Malang. Tjahjo bahkan datang langsung ke Kabupaten Malang untuk melakukan pembinaan. 
 
"Sekarang, (pembentukan) MPP sudah hampir selesai," terangnya.
 
Selain itu, Sanusi juga mengenal Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang cukup dekat dengan kepala daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Malang.
 
"Penataan ASN yang disiplin berakhlak, itu dari Pak Men-PAN, banyak berpengaruh pada kinerja ASN Kabupaten Malang," imbuhnya.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo berpulang di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat, 1 Juli 2022. Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif sejak pertengahan Juni.
 
“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif