Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

UGM Periksa Dosen yang Unggah Komentar Bernada Ujaran Kebencian

Nasional ujaran kebencian Yogyakarta Dosen asing UGM
Ahmad Mustaqim • 18 April 2022 14:43
Yogyakarta: Salah satu dosen di Universtas Gadjah Mada (UGM), Karna Wijaya menjadi topik perbincangan karena komentarnya di media sosial. Komentarnya diserbu warganet karena diduga terkait ujaran kebencian berbau radikal. 
 
Kepala Bagian Humas dan Protokol, Dina W Kariodimedjo mengatakan topik pembicaraan di dunia maya dan laporan dari masyarakat akan ditindaklanjuti institusinya. Menurut dia, isu di media sosial yang mencatut nama Karna Wijaya telah menjadi perhatian petinggi kampus. 
 
"Hari ini UGM memanggil dan mengklarifikasi Prof Karna Wijaya," kata Dina dalam keterangan pers, Senin, 18 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dina menjelaskan pernyataan dosen tersebut di media sosial menggunakan diksi yang tidak tepat sehingga memunculkan kegaduhan. Karna Wijaya, kata dia, sudah menyampaikan permintaan maaf kepada pihak kampus melalui Rektor UGM, Panut Mulyono, dan masyarakat. 
 
Baca: Cuitan Ferdinand Hutahaean Berujung Bui
 
"Namun, ia (Karna Wijaya) menegaskan ada pihak lain yang berupaya melakukan tindakan untuk menimbulkan kebencian terhadap dirinya terkait radikalisme. Ia menegaskan dirinya tidak ada kaitan sama sekali dengan radikalisme," ujarnya. 
 
Dari hasil klarifikasi, pihak kampus akan meneruskannya ke Dewan Kehormatan Universitas (DKU). DKU nantinya akan menelaah secara seksama kasus tersebut, termasuk memanggil pihak-pihak yang kompeten untuk dapat memberikan pandangan maupun tanggapan.
 
"Dari hasil itu nanti akan ada rekomendasi yang disampaikan ke Rektor dari DKU," ucapnya. 
 
Ia menambahkan, UGM serius dan berkomitmen menangkal masuknya radikalisme di kampus. Ia juga menyebut UGM juga terus melakukan penguatan kelembagaan maupun diskusi-diskusi mengenai jati diri UGM.
 
"UGM akan selalu terbuka terhadap berbagai masukan dari masyarakat terkait radikalisme ini," ungkapnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif