Petugas Kesehatan Hewan Kabupaten Mukomuko memberikan vaksin untuk mencegah anjing terkena penyakit rabies.(Foto: ANTARA)
Petugas Kesehatan Hewan Kabupaten Mukomuko memberikan vaksin untuk mencegah anjing terkena penyakit rabies.(Foto: ANTARA)

61 Warga Mukomuko Digigit Hewan Penular Rabies

Nasional anti rabies vaksinasi rabies
Antara • 15 Oktober 2020 23:42
Mukomuko: Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mencatat sebanyak 61 warga setempat terkena gigitan hewan penular rabies seperti anjing, kucing, dan kera sepanjang Januari hingga September 2020.
 
“Sebanyak 61 warga setempat yang terkena gigitan hewan penular rabies tersebut tersebar di sejumlah wilayah daerah ini,” kata Pengelola Program Rabies Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bara Lendra, Kamis, 15 Oktober 2020.
 
Dinas Kesehatan setempat setiap bulan rutin mengeluarkan vaksin antirabies (VAR) untuk warga setempat yang terkena gigitan hewan penular rabies seperti anjing, kucing, dan kera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia memastikan, sebanyak 61 orang warga yang terkena gigitan hewan penular rabies tersebut telah mendapat VAR untuk mencegah warga terjangkit penyakit rabies.
 
Baca juga:Rabies Masih Jadi Ancaman di Indonesia
 
“Petugas kesehatan di puskesmas yang memberikan VAR kepada puluhan orang itu agar tidak tertular penyakit," ujarnya.
 
Ia mengatakan, setiap warga yang menjadi korban gigitan hewan penular rabies di daerah ini mendapatkan VAR tersebut secara gratis. Tetapi mereka harus melengkapi persyaratan berupa surat keterangan dari kepala desa diketahui camat dan surat rujukan dari puskesmas setempat.
 
Dari sebanyak puluhan hewan penular rabies tersebut, ia mengatakan, hanya ada satu hewan anjing di daerah ini yang diduga positif mengidap penyakit rabies berdasarkan hasil pemeriksaan. Tetapi hewan tersebut tidak sampai menggigit orang.
 
Ia menyatakan, sampai sekarang belum ada satu pun warga masyarakat setempat yang telah terkena gigitan hewan penular rabies dinyatakan positif terkena penyakit rabies.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif