Kondisi demo di depan Gedung DPRD Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, 8 Oktober 2020. Medcom.id/ Daviq Umar Alfaruq
Kondisi demo di depan Gedung DPRD Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, 8 Oktober 2020. Medcom.id/ Daviq Umar Alfaruq

80 Orang di Malang Ditangkap Usai Demo Ricuh

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Daviq Umar Al Faruq • 08 Oktober 2020 20:55
Malang: Polresta Malang Kota menangkap sebanyak 80 orang yang tergabung dalam demonstran penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di depan Gedung DPRD Kota Malang, Jawa Timur. Aksi demo itu sebelumnya sempat diwarnai kericuhan.
 
"Ada sekitar 80 orang yang kita amankan, masih kita data untuk saat ini. Kita lakukan pemeriksaan, apa perannya saat demo," kata Kapolresta Malang Kota, Kombes Leonardus Simarmata, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Baca: Aksi Tolak UU Ciptaker di Yogyakarta Ricuh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Leo menjelaskan saat demo berlangsung sempat terjadi benturan antara petugas keamanan dan massa aksi. Hingga saat ini polisi masih mendalami awal mula kericuhan yang terjadi dalam demo.
 
"Yang bermain (dalam aksi ini) akan kita dalami, kelompok mana. Karena bukan mahasiswa dan buruh, pada saat massa anarkis, teman-teman mahasiswa dan buruh mundur ke belakang," jelasnya.
 
Menurutnya massa aksi sempat melempar batu dan melakukan perusakan hingga membakar fasilitas umum di kawasan Tugu Kota Malang. Beruntung aksi demo berhasil dibubarkan dan selesai sekitar pukul 17.15 WIB.
 
"Memang ada beberapa yang luka, dari massa, dan dari aparat, dari kita. Kemudian ada kendaraan yang dirusak, ada yang dibakar. Sampai sore ini semua kegiatan selesai, aman, tidak ada aksi lanjutan. Kita bisa lakukan negosiasi dengan baik, kita imbau untuk sore ini mereka membubarkan diri," jelasnya.
 
Pantauan Medcom.id sejumlah kendaraan dibakar mulai dari mobil patwal Satpol PP Kota Malang dan sejumlah sepeda motor. Selain itu bus Polres Batu dan sejumlah kendaraan dinas Pemkot Malang juga dirusak.
 
"Kita tidak tahu, yang pasti, kita berharap tolong sama-sama menjaga keamanan Kota Malang. Selama ini Kota Malang aman, tidak pernah ada seperti ini," ujarnya.
 

 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif