Ilustrasi jemaah haji. Foto:MI/Dwi Apriani.
Ilustrasi jemaah haji. Foto:MI/Dwi Apriani.

Populer Daerah: Masa Tunggu Haji Hingga Bocah 9 Tahun Lolos dari Upaya Penculikan

Nur Azizah • 26 Januari 2023 08:51
Bogor: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor menyatakan masa tunggu ibadah haji di daerahnya masih belum berubah, yakni 47 tahun, meski kuota haji Indonesia tahun 2023 mengalami peningkatan.
 
"Sampai sekarang (masa tunggu ibadah haji) masih sama, karena kebijakan baru itu (penambahan kuota haji Indonesia) belum sampai ke daerah. Mungkin pertengahan tahun ini," kata Kasi Haji Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, Muslimin di Cibinong, Bogor, Rabu, 25 Januari 2023.
 
Ia menjelaskan, masa tunggu 47 tahun itu masih berpatokan pada kuota haji Indonesia tahun 2022, yakni sebanyak 98.910 orang atau sekitar 45 persen dari kondisi normal sebelum pandemi.
 
"Sekarang hanya 45 persen dari kondisi normal. Tahun 2022, Kabupaten Bogor memberangkatkan 1.570 orang ibadah haji," jelasnya.
 
Baca: Kemenag Lampung Sebut Kenaikan Ongkos Haji Realistis

Muslim menerangkan masa tunggu ibadah haji di Kabupaten Bogor akan kembali normal seperti sebelum pandemi, yakni menjadi sekitar 20 tahun jika Kemenag mulai menerapkan jumlah kuota haji terbaru, yaitu 221 ribu orang.
 
Saat ini, kata dia, ada sekitar 76 ribu orang di Kabupaten Bogor yang mengantre untuk berangkat ibadah haji ke tanah suci.
 
Sebelumnya, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi.
 
"Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun 
 
Berita terkait masa tunggu haji di Bogor menjadi berita paling banyak dibaca di kanal Daerah Medcom.id. Berita lain yang juga menarik banyak pembaca terkait pelaku pembunuhan siswa SMP ditangkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sukoharjo: Satreskrim Polres Sukoharjo menangkap terduga pembunuh seorang siswa SMP yang mayatnya ditemukan bersimbah darah di Desa Pandeyan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Selasa malam, 24 Januari 2023.
 
Pelaku yakni Nanang Tri Hartanto, 21, warga Yogyakarta, mengenal korban lewat aplikasi kencan online. Pelaku awalnya mengajak korban, ELV, 14, bertemu di hotel di kawasan Kartasura. 
 
"Korban diantar saksi bertemu pelaku di hotel tersebut. Saksi meninggalkan korban disana. Kemudian pelaku menyampaikan kamar hotel penuh dan meminta korban melakukan kencan di kosnya, di daerah Kartasura," ujar Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setiawan, Rabu, 25 Januari 2023.
 
Sesampainya di tempat kos pelaku, keduanya sempat melakukan hubungan badan sekali. Pelaku pun meminta hubungan badan lagi namun korban menolak karena durasi pertemuan hanya disepakati selama satu jam. Penolakan itu membuat pelaku naik pitam karena hasratnya tak tersalurkan. 
 
Baca: Kasus Pembunuhan Siswi SMP di Sukoharjo Diusut

"Meski kencan yang kedua tidak sampai selesai, korban tetap minta pembayaran penuh. Jasa kencan dibayar Rp300 ribu. Karena dua kali, meski tidak sampai selesai untuk yang kedua, korban minta pembayaran tetap penuh Rp600 ribu. Itu juga yang membuat pelaku emosi," imbuhnya. 
 
Selanjutnya, pelaku menyusun rencana pembunuhan dengan modus mengantarkan korban pulang ke Sukoharjo dan iming-iming uang tip. Pelaku pun membawa korban ke lokasi pembunuhan.
 
Rupanya, pelaku sudah menyiapkan senjata tajam berupa pisau dan obeng sebelum mengantar korban pulang. Sampai di lokasi pembunuhan, pelaku sempat mengobrol dengan korban.
 
"Akhirnya pelaku membujuk korban dengan menusuknya di badan bagian depan dengan pisau lalu menusuk bagian leher dengan obeng hingga sembilan kali. Selain emosi, pelaku juga ingin mengambil kembali uang jasa dan HP milik korban," bebernya.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Berita lain yang juga menarik banyak pembaca terkait bocah 9 tahun lolos dari penculikan.
 
Yogyakarta: EHP, seorang anak 9 tahun di Kampung Danunegaran, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, nyaris menjadi korban penculikan. Peristiwa percobaan penculikan terjadi pada Senin siang, 9 Januari 2023, sekitar pukul 14.00 WIB.
 
Ibunda EHP, Susi Kartiningsih, mengatakan saat itu ada sepasang orang mengendarai sepeda motor tampak merekam aktivitas korban di depan rumah.
 
"Anak saya kan mau tak ajak tidur siang tapi gak mau. Keluar cari temennya tapi pada tidur. Terus main di depan rumah sini," ujarnya, Rabu, 25 Januari 2023.
 
Kala bermain, EHP didekati seorang perempuan hingga ke halaman rumah. Namun lantaran takut EHP menghindar dan masuk ke dalam rumah dalam kondisi panik.
 
"Anak saya terus lari ke dalam rumah sampai sandalnya enggak dilepas," kata dia. 
 
Susi mengaku ketika EHP nyaris diajak seseorang, ia tengah bersama anaknya yang masih balita. Ia pun sempat khawatir lantaran kabar penculikan anak bermodus penjualan organ tubuh.
 
Baca: Penculik Anak di Cilegon Ditangkap di Wilayah Pasar Minggu Jaksel

"Setelah anak saya masuk itu orangnya pergi," imbuh dia.
 
Akibat peristiwa itu, Susi menyebut anaknya mengalami trauma dan enggan bermain dengan teman sebaya. Bahkan EHP enggan bersekolah. Namun, ia berhasil meyakinkan EHP bahwa selama di sekolah akan aman dan akan selalu dijemput antar.
 
"Pihak sekolah setelah kejadian anak saya meminta orang tua siswa kelas 1 sampai 6 menjemput anaknya. Itu karena saya ceritakan kejadian anak saya ke guru di sekolah," ucapnya.
 
Susi menambahkan tak melaporkan kasus itu karena anaknya aman. Namun, pihak sekolah EHP sempat mendatangi kepolisian. 
 
Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (KSPKT) Polsek Mantrijeron Aiptu Sukarjo membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan mengetahui informasi itu dari masyarakat namun tak ada laporan ke polisi soal kasus dugaan upaya penculikan itu. 
 
"Tak ada laporan dari masyarakat (korban). Tapi kami tindak lanjuti patroli di sekitar lokasi," ungkapnya. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif