Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Relawan Jadi Anggota Satgas Sampah Jateng

Nasional sampah peduli lingkungan
Mustholih • 17 Oktober 2019 07:45
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera membentuk satuan tugas (satgas) sampah di pedesaan. Relawan dimanfaatkan sebagai anggota Satgas Sampah.
 
"Karena para relawan ini tanpa biaya bisa bergerak sendiri," kata Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Namun detail rencana pembentukan Satgas Sampah belum dibuat. Rekomendasi Kongres Sampah akhir pekan lalu harus lebih dulu dimatangkan oleh Pemerintah Provinsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti akan kita rapatkan, karena hasil kongres harus ada tindak lanjutnya. Kita akan bentuk Satgas di masing-masing daerah, jadi harus membumi," tegasnya.
 
Dia menilai Pulau Jawa terutama Jawa Tengah sebenarnya sudah darurat sampah. Sehingga rekomendasi Kongres Sampah memang harus bisa dilaksanakan.
 
"Kalau tidak, nanti kongres tinggal kongres, hanya tumpukan rekomendasi," ujarnya.
 
Dia menyatakan satgas sampah akan dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Namun, Pemerintah Provinsi membuka pembiayaan satgas sampah dari sumber lain.
 
"Tidak semata-mata APBD. Bisa dari sumber lain," jelasnya.
 
Sri berujar kesadaraan penanganan sampah mulai berjalan di Jateng. Hal itu ditandai gerakan bersih-bersih di beberapa daerah di Jateng.
 
"Sudah ada anak-anak yang buat clean day, setiap hari Jumat hari bersih. Kami sudah bersih-bersih di Simpang Lima, Kota Lama. Ini menjadi gerakan bersama bukan hanya Pemerintah. sehingga bisa meminimalisasi sampah," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif