700 Ribu Warga Sulsel Belum Punya KTP Elektronik
Ilustrasi proses perekaman KTP elektronik. Foto: Antara/Ardiansyah.
Makassar: Ratusan ribu masyarakat Sulawesi Selatan belum memiliki KTP elektonik. Mereka tersebar di sejumlah daerah dan belum melakukan perekaman.
 
Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Sulawesi Selatan Sukarniaty Kondolele mengatakan, data itu terhitung hingga Agustus 2018.
 
"Warga yang wajib KTP sebanyak 6.800.000 orang lebih dan yang sudah merekam hampir 6.100.000 orang. Artinya, kita sudah lakukan perekaman 89,36 persen," kata Sukarniaty, Kamis, 11 Oktober 2018.
 
Sukarniaty mengatakan pihaknya sedang menggenjot proses perekaman di semua kabupaten/kota. "Mudah-mudahan di Oktober ini ada data baru penambahan jumlah perekaman," kata Sukarniaty.

Baca: Masyarakat Diminta Proaktif dalam Perekaman KTP-el

Sukarniaty mengungkapkan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri telah memberi batas waktu kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP hingga 31 Desember 2018.
 
"Jika tidak, selain data kependudukannya diblokir, mereka tidak dapat berpartisipasi di Pemilu 2019. Jika diblok atau dinonaktifkan, warga akan kesulitan mendapatkan pelayanan publik karena basisnya kan di KTP elektronik," katanya.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id