Basarnas Fokus Evakuasi Korban Gempa di 2 Wilayah Mande Cianjur. (Foto: MGN)
Basarnas Fokus Evakuasi Korban Gempa di 2 Wilayah Mande Cianjur. (Foto: MGN)

Basarnas: 2 Kampung di Cianjur Masih Terisolasi

Media Indonesia.com • 23 November 2022 12:34
Jakarta: Basarnas mengungkap masih ada dua daerah di Cianjur, Jawa Barat, yang terisolasi pascagempa dengan magnitudo 5,6. Dua wilayah itu yakni Kampung Mangunkerta dan Kampung Baturusa yang berada di Kecamatan Mande.
 
"Kami sudah mendapatkan koordinat untuk menuju dua lokasi yang masih terisolasi itu. Terkait jumlah warga kami masih belum bisa memastikan, namun tiga helikopter sudah kita siagakan untuk membawa personel dan logistik, terutama untuk kebutuhan makanan cepat saji dan air minum di sana," ujar Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat dihubungi Metro TV, Rabu, 23 November 2022.
 
Henri menuturkan pihaknya mengirim satuan khusus untuk membantu proses evakuasi di Mangunkerta dan Baturusa. Ia memastikan jajarannya bersama stakeholder terkait terus melakukan pencarian dan evakuasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menurunkan Tim BSG (Basarnas Special Group), ada 3 personel di dalamnya dengan didukung 3 orang perbantuan jadi total 6 personel. Apabila nanti dirasa kurang akan ditambah dari personel Batalyon 300," terang Henri.
 
Baca juga: Gempa Susulan 3,9 Magnitudo Kembali Guncang Cianjur

"Fokus kami menyelamatkan korban yang masih hidup dan harus segera diselamatkan dalam waktu golden time 3 hari pascagempa," lanjutnya.
 
Henri pun mengungkap alasan dua lokasi di Kecamatan Mande ini terisolasi pasca gempa yang terjadi pada Senin, 21 November 2022. Adanya longsoran tanah yang menutup akses utama menuju dua desa ini menjadi salah satu kendalanya.
 
"Jalannya yang kita tidak bisa tembus karena tertutup longsor. Kalaupun bisa dibuka akan membutuhkan waktu lama untuk menembus daerah yang terisolasi ini," ucap dia.
 
"Kita harus bergerak cepat, masyarakat di sana harus segera mendapatkan bantuan. Kami  mendapatkan info, mereka ini berkumpul di satu ruangan. Mereka kekurangan air minum, bahkan masih menyimpan jenazah di sana karena tidak mendapatkan pertolongan," tambahnya
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif