Pemberian remisi untuk warga binaan Lapas Kelas II A Ambarawa, Senin, 2 Mei 2022. Dokumentasi/ Metro TV
Pemberian remisi untuk warga binaan Lapas Kelas II A Ambarawa, Senin, 2 Mei 2022. Dokumentasi/ Metro TV

248 Napi Lapas Ambarawa Dapat Remisi, 4 Langsung Bebas

Nasional narapidana remisi Idulfitri 1443 Lebaran 2022
MetroTV • 02 Mei 2022 19:09
Semarang: Sebanyak 248 warga binaan Lapas Kelas II A Ambarawa menerima remisi khusus Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Dari jumlah tersebut 4 orang di antaranya langsung bebas.
 
Kalapas Ambarawa, Agus Heryanto, mengatakan dari 248 warga binaan tersebut terbagi dari penyerahan remisi RK 1 sebanyak 244 warga binaan dan RK 2 sebanyak 4 orang.
 
"Pengertian RK 1 adalah pemberian remisi pada narapidana yang tidak langsung bebas. Sedangkan RK 2 pemberian remisi pada narapidana yang langsung bebas pada saat itu," kata Kalapas Ambarawa, Agus Heryanto, dalam keterangan pers, Senin, 2 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 1.112 Narapidana Lapas Klas I Tangerang Peroleh Remisi
 
Agus menjelaskan besaran remisi yang diterima oleh narapidana berbeda-beda. Tergantung masa tahanan yang dijalani, yakni antara 15 hari hingga 2 bulan. "Napi yang mendapatkan remisi merupakan napi yang berkelakuan baik dan telah menjalani tahanan selama enam bulan," jelasnya.
 
Selain itu di hari pertama Idulfitri Lapas Ambarawa memfasilitasi para keluarga yang ingin melakukan kunjungan dengan narapidana melalaui sambungan video call.
 
"Dalam pelayanan publik tersebut kita akan menyediakan kunjungan online dan penitipan barang untuk para keluarga yang ingin menjenguk," ungkapnya.
 
Salah satu narapidana yang mendapatkan remisi 15 hari dan bebas yakni Budi Rejeki warga Kecamatan Pabelan. Ia merasa bersyukur bisa kembali ke rumah. "Seneng dan bahagia mas rasanya bisa bebas," ujarnya.
 
Ia mengungkapkan kedepannya akan merubah perilakunya dan meneruskan hal positif yang sudah didapatkan selama mendekam di Lapas Ambarawa. Saat ini warga binaan Lapas Kelas II A Ambarawa berjulah 410 orang dan yang mendapat remisi lebaran berjumlah lebih dari setengahnya. (Muhardi)
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif