Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Berkas Kasus Kematian Mahasiswa UNS Dilimpahkan ke Kejaksaan

Ahmad Mustaqim • 04 Januari 2022 21:59
Yogyakarta: Kasus tewasnya mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Gilang Endi dilimpahkan ke kejaksaan. Keluarga berharap pelaku diberikan hukuman yang setimpal.
 
Kakak sepupu Gilang, Nova Rina Ekapuri, mengapresiasi kepolisian yang terus mengusut kelanjutan kasus adiknya. Ia berharap kepolisian tak berhenti dan mengembangkan kasus ini.
 
"Kami berharap polisi melakukan pengembangan kepada pihak-pihak lain yang (diduga) terlibat," kata Nova dalam konferensi pers daring yang diselenggarakan LBH Yogyakarta, Selasa, 4 Januari 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekadar informasi, LBH Yogyakarta menjadi salah satu pihak yang terlibat advokasi dalam kasus tersebut. Terbaru, mereka mendampingi keluarga beraudiensi dengan rektorat UNS. 
 
Nova merasa pelimpahan berkas ke jaksa menjadi napas panjang untuk menuntut keadilan. Ia menyatakan, proses yang berjalan harus transparan ke publik. 
 
Baca: Mahasiswa UNS Tewas Usai Ikut Diklat
 
"Kami berharap kejaksaan bekerja transparan, profesional, dan akuntabel," ucapnya. 
 
Lebih jauh, Nova mengatakan keluarga ingin kasus itu bisa sampai ke meja hijau. Di sana, pihaknya ingin memperoleh keadilan hukum. 
 
"Semoga nanti hakim bisa memutus seadil-adilnya. Bagi pihak yang akan memberikan kesaksian nantinya kami ingin jangan ada rasa takut saat memberikan kesaksian," ungkapnya. 
 
Ia menambahkan, kasus tersebut tak boleh sebatas berjalan di penegak hukum. Pihaknya juga menuntut UNS bertanggung jawab atas kegiatan yang disetujui otoritas kampus. 
 
"Kami ingin kampus memberikan sanksi akademik kepada pelaku yang menyebabkan meninggalnya adik kami, Gilang. Kegiatan itu juga disetujui UNS, sehingga kampus juga harus bertanggung jawab," kata Nova. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif