Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Dukcapil Surabaya Bisa Terbitkan 500 SPTJM Perhari

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf pelayanan kependudukan 100 Hari Jokowi-Maruf
Syaikhul Hadi • 22 Januari 2020 14:53
Surabaya: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya bisa menerbitkan sebanyak 500 Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM/Supertajam) perhari dalam kepengurusan penerbitan akta kelahiran. Program yang digagas Kementerian Dalam Negeri tersebut dirasa mampu sebagai solusi penerbitan akta kelahiran.
 
"Hampir setiap hari ada sekitar 500 dokumen SPTJM yang dikeluarkan. Kadang lebih, kadang juga kurang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo, Agus Imam Sonhaji, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Menurut Agus, program Supertajam sudah berlaku di Surabaya sejak 2018. Meski dirinya baru menjabat sebagai Kepala Dinas pada 2019, namun program tesebut dinilai sangat efektif bagi masyarakat untuk menerbitkan akta kelahiran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kurang tahu berapa jumlahnya dulu ketika belum diberlakukan SPTJM ini. Yang jelas, lebih banyak sekarang yang mengurusnya. Mungkin karena lebih mudah ya," katanya.
 
Menurutnya, berbekal database kependudukan seperti NIK, pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil bisa memberikan SPTJM sebagai pengganti penerbitan akta kelahiran.
 
"Sekarang lebih mudah, dia cukup mengatakan saya namanya ini, lahir di sini, orang tua dari ini, dan dua saksi itu sudah cukup sebagai pengganti keterangan kelahiran atau sebagai dasar penerbitan akta kelahiran. Sehingga bisa lebih memudahkan masyarakat dalam penerbitan akta," jelasnya.
 
Berbeda dengan kepengurusan akta kelahiran sebelumnya, masyarakat diminta berbagai dokumen untuk memastikan kebenaran data kependudukan. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk menerbitkan akta kelahiran.
 
"Kalau dulu, kadang kita tidak bisa memastikan apakah data yang diberikan asli atau palsu. Harus diverifikasi dulu dan lebih lama. Lahir di mana, rumah sakit mana, dokternya siapa, kalau sekarang kan sudah enggak," tambahnya.
 
Cepatnya proses pelayanan publik membuat masyarakat semakin nyaman. Dan penerbitan akta kelahiran saat ini juga tidak membutuhkan waktu yang sangat lama.
 
"Paling lama tujuh hari. Itu pun kalau dokumen mereka tidak lengkap. Tapi kalau sudah lengkap semua, maka akan lebih cepat," tandasnya.
 
Program Supertajam tercetus sebagai upaya meningkatkan kepemilikan akta kelahiran. Ditjen Dukcapil Kemendagri kemudian menerbitkan Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan akta kelahiran.
 
Berdasarkan Permendagri Nomor 9 Tahun 2016, persyaratan dan tata cara pencatatan kelahiran dipermudah. Antara lain, memberlakukan SPTJM. Penduduk bisa mengganti surat kelahiran dengan SPTJM Kebenaran Data Kelahiran.
 
Efektivitas Supertajam
 
Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan Supertajam sudah disosialisasikan dan diimplementasikan di 514 kabupaten atau kota. Namun, dia mengakui inovasi pelayanan ini tak berjalan mulus di seluruh daerah.
 
Menurut Zudan, keberhasilan penerapan Supertajam ini hanya terlihat di kota-kota yang berpenduduk besar. Dia mencontohkan DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.
 
"Hampir merata (efektivitasnya), terutama di daerah yang penduduknya banyak," kata Zudan.
 
Sedangkan, lanjut dia, sistem pelayanan ini justru 'melempem' di beberapa daerah pelosok seperti Papua. Kondisi geografis menjadi penyebab utama sistem pelayanan tersebut tak berjalan dengan baik.
 
Zudan menjelaskan jarak antara rumah warga dan kantor Dukcapil relatif jauh dan medannya sulit ditempuh. Masyarakat juga masih banyak yang menganggap akta kelahiran belum sebagai kebutuhan.
 
Namun, Dukcapil sebisa mungkin jemput bola ke masyarakat. Zudan mengimbau masyarakat melihat program Supertajam sebagai kemudahan.
 
"Terapkan SPTJM (Supertajam) untuk pembuatan akta lahir. Pahami aturannya. Masyarakat diberi solusinya, yakni SPTJM," tegas Zudan.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif