Ilustrasi Virus Transport Media/VTM. (foto: MI/Martinus Solo)
Ilustrasi Virus Transport Media/VTM. (foto: MI/Martinus Solo)

Tes Covid-19 di Kota Sorong Disetop Sementara

Nasional Virus Korona tes virus korona pandemi covid-19
Media Indonesia.com • 16 November 2020 10:50
Sorong: Pemeriksaan kasus positif covid-19 di Kota Sorong, Papua Barat, dihentikan sementara. Penyebabnya, media atau alat untuk penyimpanan virus (Virus Transport Media/VTM) habis.
 
Koordinator Tim Surveilans Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Sorong, Jeny Isir, mengatakan, pemeriksaan akan dilanjutkan sampai alat VTM datang. Selama itu, pemeriksaan terhadap masyarakat yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif dikurangi.
 
"Bahkan dalam pekan ini aktivitas pemeriksaan usap covid-19 oleh tim dihentikan sementara, sambil menunggu alat VTM itu sudah ada," ujarnya, Senin, 16 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jeny mengungkapkan tidak tersedianya alat VTM tersebut membuat angka kasus di kota Sorong dua pekan terakhir mengalami penurunan. Namun bukan karena covid-19 sudah berakhir.
 
Baca juga:Banjir Bandang, Ratusan Warga Pacitan Mengungsi
 
"Dalam pekan ini aktivitas pemeriksaan tidak dilakukan menunggu alat VTM dari Provinsi Papua Barat. Apabila pekan depan alat VTM sudah ada pemeriksaan covid-19 dilanjutkan kembali," kata dia.
 
Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sebab wabah covid-19 masih ada dan telah terjadi transmisi lokal di kota Sorong.
 
Jeny menyebutkan sebanyak 8.000 alat VTM telah digunakan oleh tim medis untuk melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi. Sehingga terdeteksi total 2.195 orang positif dan sebanyak 1.851 telah sembuh.
 
"Untuk pelayanan pemeriksaan usap covid-19 di sejumlah rumah sakit seperti Rumah Sakit Pertamina, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Darat, serta klinik swasta tetap berjalan seperti biasa," jelasnya. (Martinus Solo)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif