Petugas saat memasang barrier beton di Pasar Tegal Gubug Cirebon.
Petugas saat memasang barrier beton di Pasar Tegal Gubug Cirebon.

Beton Penghalang Dipasang Antisipasi Pasar Tumpah di Kabupaten Cirebon Saat Mudik

Nasional Mudik Lebaran Pasar Tradisional Jawa Barat Mudik Lebaran 2022
Ahmad Rofahan • 19 April 2022 09:36
Cirebon: Petugas gabungan memasang barrier beton, di sejumlah titik bahu jalan di Pasar Tegal Gubug Cirebon. Pasalnya, kawasan ini kerap menjadi titik kemacetan arus mudik karena pasar tumpah. 
 
Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polresta Cirebon, AKP Sae Mulyana mengatakan, pemasangan barrier beton di pasar sandang itu, untuk mengantisipasi melubernya pedagang di bahu jalan. 
 
"Selain itu, sebagai antisipasi, agar tidak ada kendaraan yang berhenti dilokasi tersebut," kata Sae, Selasa 19 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menuturkan, pihaknya juga akan menerjukan puluhan petugas saat hari pasaran. Selain untuk mengatur arus lalu lintas, petugas juga akan melarang para pedagang yang berjualan di bahu jalan. 
 
Baca: Polda Lampung Siapkan Penembak Jitu di Jalur Mudik Rawan Begal
 
Rencananya, petugas akan mulai disiagakan, sebelum para pedagang mulai membuka lapak dagangannya. Sae mengatakan, petugas akan mulai bersiaga satu hari sebelum hari pasaran. 
 
"Misalkan hari pasarannya hari Sabtu, maka sejak magrib hari Jumat, petugas sudah siaga," kata Sae. 
 
Sae menuturkan, Pasar Tegal Gubug menjadi salah satu daerah yang menjadi langganan kemacetan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang berkunjung ke pasar ini. 
 
"Apalagi, nanti saat arus mudik terjadi," kata Sae. 
 
Selain memasang barrier beton, pihaknya juga sudah melakukan antisipasi kemacetan lainnya di sekitar Pasar Tegal Gubug. Salah satunya yaitu menutup sejumlah putar balik (U-Turn). 
 
Ada sebanyak putaran balik di sekitar Pasar Tegal Gubug yang ditutup. Pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif, jika kemacetan dirasa cukup parah. 
 
"Kita juga siapkan skema contra flow di Pasar Tegal Gubug," kata Sae.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif